Nama Calon Pj Wali Kota Kendari Buka ke Publik Agar Tak Gaduh

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 09 September 2022
0 dilihat
Nama Calon Pj Wali Kota Kendari Buka ke Publik Agar Tak Gaduh
Masa jabatan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir segera berakhir dan selanjutnya Kota Kendari akan dipimpin Pj. Foto: Ist.

" Pemprov dan DPRD segera mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri. Hal ini karena masa jabatan Sulkarnain Kadir akan berakhir "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemprov dan DPRD segera mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri. Hal ini karena masa jabatan Sulkarnain Kadir akan berakhir.

Menurut Pengamat Politik Sulawesi Tenggara Dr M Najib Husain, agar tidak terjadi kegaduhan setelah Pj diputuskan, pengusul harus berani menyampaikan ke publik siapa nama-nama yang diusulkan.

Najib menilai tidak ada masalah ketika nama  yang diusulkan dibuka ke publik. Justru, jika ditutup-tutupi akan menimbulkan kecurigaan pada masyarakat.

"Jadi lebih bagus transparan supaya kita bisa mempertanggungjawabkan kepada publik kenapa kemudian kita usulkan nama-nama tersebut," ucap Dosen Ilmu Politik FISIP UHO ini, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Terima BLT Sebagai Kompensasi BBM, Warga: Tidak Sepadan

Najib menambahkan, selain transparan pengusul harus memiliki kriteria yang jelas untuk mengusulkan, bukan karena pertimbangan suka dan tidak suka.

Kemudian Pj yang usulkan adalah orang yang paling sedikit atau tidak memiliki kedekatan emosional dengan parpol maupun orang yang akan maju di Pilkada Kendari 2024.

Baca Juga: Tolak BBM Naik, Ratusan Warga Kendari Serukan Solusi Terapkan Khilafah

Pj Sekda Sultra, Asrun Lio sebelumnya mengungkapkan, siapapun nama yang diusulkan Pemprov menjadi rahasia Gubernur Ali Mazi.

Lagian lanjut Asrun Lio tidak ada closure yang mengemukakan transparansi dalam pengusulan Pj. Justru dikatakan untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan stabilitas para calon namanya harus dirahasiakan.

Sementara Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan berpandangan lain. Politikus PKS itu mengatakan calon Pj yang diusulkan perlu dibuka ke publik agar publik tahu siapa Pj wali kota yang DPRD usulkan.

"Ini kan juga bukan rahasia ya," ucapnya. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga