Telan Anggaran Rp 280 Juta, Warga Soroti Kondisi Lapangan Futsal di Kabaena

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 14 Mei 2021
0 dilihat
Telan Anggaran Rp 280 Juta, Warga Soroti Kondisi Lapangan Futsal di Kabaena
Kondisi lapangan Futsal di Kelurahan Rahampuu. Foto: Hir/Telisik

" Anggaranya besar, tapi permukaannya kasar dan bergerigi. Selain itu pinggirnya juga, ini sangat bahaya bagi para pemain "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kondisi bangunan lapangan sepak bola mini atau futsal di Kelurahan Rahampuu, Kecamatan Kabaena, diprotes warga.

Muhammad Kristaufan, salah satu pemuda Rahampuu mengatakan, kondisi lapangan futsal yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga tidak sesuai dengan anggaran yang terpampang pada papan informasi proyek.

Dengan total anggaran yang berjumlah Rp 280.400.000, justru kondisinya tidak sesuai seperti permukaan lapangan yang kasar dan bergerigi, serta pinggiran lapangan yang justru akan mengancam keselamatan para pemain.

Baca Juga: Bupati Nias Barat: Gempa 7,2 SR Tidak Ada Korban Jiwa

"Anggaranya besar, tapi permukaannya kasar dan bergerigi. Selain itu pinggirnya juga, ini sangat bahaya bagi para pemain," kata Kristaufan kepada Telisik.id, saat memantau kondisi lapangan futsal tersebut, Jumat (14/5/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun, lapangan futsal tersebut dibangung pada tahun 2020 dengan nomor kontrak: 01/KONTRAK/PPK-WISPORA/KONST/X/2020.

Pengerjaan lapangan futsal itu dilaksanakan CV Aden Satria dengan anggaran senilai Rp 280.400.000 yang bersumber dari APBD 2020. Diselesaikan dalam masa 75 hari masa kerja, terhitung dari masa kontrak pada 12 Oktober 2020.

"Dengan besaran anggaran begitu, mami berharap infrastruktur yang betul-betul dibutuhkan masyarakat agar dikelola dengan baik dan program pemerintah dinikmati dengan baik," harapnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kolaka Ditutup Selama Libur Lebaran

Sementara itu, Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, Lukman mengaku bangunan futsal tersebut telah sesuai dengan RAB.

"Terkait pinggiran lapangan yang kondisinya saat ini memang begitu bentuknya berdasarkan RAB," kata Lukman saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Olehnya itu, pihaknya berharap, masyarakat Kelurahan Rahampuu, sebagai target penggunaan infrastruktur olehraga itu agar bersama-sama berinisiatif mendayagunakan fasilitas yang ada. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga