NasDem Suara Terbanyak, Geser Posisi PAN Kursi Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 13 Maret 2024
0 dilihat
NasDem Suara Terbanyak, Geser Posisi PAN Kursi Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara
Partai NasDem Sulawesi Tenggara raih suara terbanyak di Pemilu 2024, dan diprediksi merebut kursi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Partai NasDem Sulawesi Tenggara meraih suara terbanyak di Pemilu 2024 dan meraih 6 kursi DPRD provinsi. Suara NasDem melonjak dan diprediksi bakal merebut kursi ketua "

KENDARI, TELISIK.ID - Partai NasDem Sulawesi Tenggara meraih suara terbanyak di Pemilu 2024 dan meraih 6 kursi DPRD provinsi. Suara NasDem melonjak dan diprediksi bakal merebut kursi ketua.

Kemenangan Partai NasDem berhasil menumbangkan dominasi Partai PAN yang menguasai kursi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara selama dua periode, 2014 dan 2019.

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara, Abdul Azis menyebut, untuk menduduki jabatan ketua DPRD, harus memiliki tolak ukur. Untuk menentukan itu, pihaknya menunggu juknis dari DPP, dengan tolak ukur yang dimaksud adalah loyalitas terhadap partai.

Abdul Azis juga menyebut, keberhasilan NasDem merupakan hasil kerja keras semua tingkatan pengurus dan semua caleg, hingga mencapai suara maksimal.

"NasDem berhasil meraih kursi pimpinan di beberapa kabupaten seperti di Kolaka Utara. Sedangkan di Kolaka Timur kami mempertahankan 8 kursi dan menjadi Ketua DPRD, dan beberapa kabupaten lagi NasDem mendapatkan posisi wakil ketua DPRD," ujar Abdul Azis.

Baca Juga: 25 Caleg Terpilih DPRD Kolaka Utara 2024-2029, Partai NasDem dan PKB Borong Kursi Parlemen

Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara, Fadli mengatakan, NasDem berhasil meraih suara terbanyak 179. 523 suara partai dari 6 dapil di Sulawesi Tenggara.

Kemudian peraih suara terbanyak kedua diperoleh PDIP dengan jumlah 177.425, ketiga Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 160.061 dan Partai Gerindra peroleh suara 157.662 dengan jumlah 5 kursi.

Baca Juga: Saksi NasDem Tolak Hasil Perhitungan Suara di Wakatobi, Abdul Aziz: Saksi Diberi Mandat untuk Mencari Kebenaran

Fadli menjelaskan, posisi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara menunggu regulasi dari partai tingkat DPW maupun DPP. Sementara figur calon ketua dari partai NasDem masih menunggu surat rujukan dari DPP.

"Ketua DPRD Sulawesi Tenggara dari Partai NasDem, itu sudah bisa dipastikan," tegas Fadli.

Kemudian terkait kriteria calon ketua nanti, Fadli mengatakan, semua memiliki peluang yang sama. Selain dilihat dari curikulum vitae, juga dari pengalaman. Sedangkan perolehan suara akan menjadi pertimbangan, namun tidak wajib. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga