Naturalisasi Maarten Paes Masih Terganjal, Erick Thohir: Proses Masih Panjang

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
Naturalisasi Maarten Paes Masih Terganjal, Erick Thohir: Proses Masih Panjang
Calon kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes masih mengalami beberapa masalah yang membuatnya belum bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Foto: Repro FC Dallas

" PSSI masih terus berusaha agar penjaga gawang FC Dallas di Liga Amerika Serikat (MLS), Maarten Paes, bisa segera di naturalisasi dan membela Timnas Indonesia senior "

JAKARTA, TELISIK.ID - Naturalisasi Maarten Paes masih membutuhkan proses panjang di FIFA. Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Akibatnya, Maarten Paes belum bisa membela Timnas Indonesia.

"Maarten Paes sudah angkat sumpah jadi WNI, tapi proses administrasi di FIFA masih berjalan panjang," ungkap Erick Thohir dikutip dari Antara.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, PSSI, masih terus berusaha untuk penjaga gawang FC Dallas di Liga Amerika Serikat (MLS) itu untuk segera di naturalisasi dan membela Timnas Indonesia senior.

Meski begitu, Erick Thohir mengakui ada tantangan meski tanpa menyebutkan spesifik tantangan tersebut.

“Tentu ada tantangan. Saya rasa tidak semua negara ingin Indonesia maju kan? Jadi itu kami dorong,” kata Erick.

Baca Juga: Euro 2024: Slovenia Lolos 16 Besar Usai Bikin Inggris Frustrasi

Pemain kelahiran Nijmegen, Belanda 14 Mei 1998 itu masih harus memenuhi sejumlah syarat agar dapat membela tim Merah Putih, salah satunya menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Pasalnya, pemain yang berpostur 191 centimeter itu pernah membela Timnas Belanda U-21 pada Euro U-21 tahun 2021 saat ia berumur 22 tahun.

Kiper berusia 26 tahun itu sendiri mempunyai darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Kediri, Jawa Timur seperti dilansir dari Tribun Toraja.com.

Maarten Paes menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024 lalu. Namun proses yang dijalani Maarten Paes ternyata berlangsung cukup alot.

Maarten Paes sendiri merupakan pemain yang direkomendasikan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kecekatan dan ketangguhan telah terbukti saat membela FC Dallas yang bermain di Liga Amerika Serikat.

Baca Juga: Euro 2024: Saling Bunuh di Grup C, Inggris Misi Hindari Jerman

Dengan segudang pengalamannya bisa menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas sepak bola Timnas Indonesia. Paes juga bisa memperkuat barisan pertahanan skuad Garuda saat menghadapi lawan-lawan yang tangguh.

Apalagi Timnas Indonesia akan melakoni putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan dipastikan bertemu tim-tim kuat Asia yang sesungguhnya.

Sebagai informasi, Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta pada akhir April 2024. Sumpah dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga