Euro 2024: Slovenia Lolos 16 Besar Usai Bikin Inggris Frustrasi

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
Euro 2024: Slovenia Lolos 16 Besar Usai Bikin Inggris Frustrasi
Para pemain Slovenia menyambut gembira keberhasilan mereka lolos ke 16 besar Euro 2024 usai menahan imbang Inggris 0-0 di penyisihan akhir Grup C di Cologne Stadium, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB. Foto: Repro euro.com

" Slovenia mencatat sejarah baru yakni lolos dari babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya setelah berada di peringkat ketiga terbaik dari Grup C Euro 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Slovenia mencatat sejarah baru yakni lolos dari babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya setelah berada di peringkat ketiga terbaik dari Grup C Euro 2024.

Kepastian itu diperoleh setelah Slovenia menahan imbang Inggris tanpa gol di penyisihan akhir Grup C di Cologne Stadium, Cologne, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB. Meski gagal menang, Inggris tetap memimpin klasemen dengan nilai 5 hasil sekali menang dan dua kali imbang.

Slovenia mengoleksi 3 poin dari tiga kali bermain seri dan berada di peringkat tiga, sama dengan poin yang dikumpulkan Denmark yang di pertandingan lain juga ditahan imbang tanpa gol oleh Serbia.

Inggris yang berusaha merebut poin penuh dibuat frustrasi oleh pemain-pemain Slovenia. Tim asuhan Gareth Southgate kesulitan membobol gawang Jan Oblak. Kiper utama klub Atletico Madrid ini beberapa kali menggagalkan tembakan para pemain The Three Lions, julukan Timnas Inggris.

The Three Lions nyaris memecah kebuntuan babak pertama lima menit sebelum jeda. Harry Kane yang berada dekat tiang gawang tidak mampu memanfaatkan umpan silang Kieran Trippier.

Memasuki babak kedua, Southgate memasukkan Kobbie Mainoo dan Inggris menaikkan tempo permainan. Namun, tekanan-tekanan yang dilakukan oleh Inggris tidak mampu menghasilkan gol dan tidak ada ancaman besar bagi Slovenia hingga akhir pertandingan.

Saat wasit Clement Turpin asal Prancis yang memimpin pertandingan membunyikan peluit akhir, seketika itu juga para pemain dan tim offisial Slovenia merayakan keberhasilan mereka lolos ke 16 besar.

Keberhasilan Slovenia lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya selama partisipasi di Euro, ikut disambut gembira oleh para pendukungnya.

Keberhasilan Slovenia dilengkapi dengan terpilihnya gelandang mereka Adam Gneza Cerin sebagai pemain terbaik di pertandingan tersebut.

Cerin bermain tanpa lelah dalam perannya di lini tengah, menutup ruang dan mengatur para pemain di sekitarnya untuk memungkinkan timnya mendapatkan hasil imbang yang layak mereka terima.

Baca Juga: Duel Klasik Argentina dan Chili Ulangan Final Copa 2016

“Kami telah menganalisis permainan mereka (Timnas Inggris, red) secara rinci, melihat di mana mereka berbahaya dan terjebak pada rencana permainan dengan sangat baik sepanjang pertandingan. Kecuali untuk beberapa situasi, mereka tidak terlalu berbahaya,” tutur Cerin usai pertandingan.

Kemenangan atas Inggris juga disambut gembira oleh pelatih Slovenia, Matjaz Kek. Dia mengatakan bangga kepada para pemainnya yang tak henti berjuang sepanjang pertandingan.

“Kami menunjukkan dengan permainan kami bahwa kami pantas lolos. Terima kasih kepada semua penggemar dan mungkin ada sedikit keberuntungan yang terlibat, tetapi penggemar kami mendukung kami,” ujar Matjaz Kek.

Ditahan imbang Slovenia tak membuat puas Southgate meski timnya tampil sebagai juara grup. Namun, dia mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh ribuan fans The Three Lions, terutama pada babak kedua yang membuat Inggris mendominasi pertandingan.

“Saya sangat bangga dengan para pemain. Kami benar-benar mengendalikan babak kedua, menciptakan beberapa peluang bagus yang sayangnya tidak bisa kami ambil. Tentu saja kami ingin beberapa gol untuk mengirim semua orang pulang dengan bahagia,” beber Southgate.

Inggris di fase gugur akan ditantang tim urutan ketiga di Grup D, E, atau F pada 30 Juni 2024 di Gelsenkirchen.

Data dan Fakta Inggris vs Slovenia:

- Slovenia lolos ke babak sistem gugur EURO untuk pertama kalinya.

- Slovenia hanya kalah dua kali dari 17 pertandingan kompetitif terakhir mereka (Menang 8 Draw 7).

- Inggris telah menyelesaikan babak penyisihan grup EURO keempat berturut-turut tanpa kalah dalam pertandingan.

- The Three Lions telah lolos ke babak sistem gugur EURO untuk final kelima berturut-turut.

- Inggris tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan penyisihan grup EURO terakhir mereka (Menang 8 Draw 6).

- Tim asuhan Southgate telah lolos ke puncak grup EURO dua kali berturut-turut untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Euro 2024: Saling Bunuh di Grup C, Inggris Misi Hindari Jerman

Susunan pemain:

Inggris: Pickford; Walker, Batu, Guéhi, Trippier (Alexander-Arnold 84’); Gallagher (Mainoo 46’), Beras; Saka (Palmer 71’), Bellingham, Foden (Gordon 89’); Kane

Slovenia: Oblak; Karnicnik, Drkusic, Bijol, Janza (Balkovec 90+1’); Stojanovic, Cerin, Elsnik, Mlakar (Stankovic 86’); Sporar (Celar 86’), Sesko (Ilicic 75’)

Data dan Fakta Denmark vs Serbia:

- Denmark maju dari babak penyisihan grup turnamen EURO back-to-back untuk pertama kalinya.

- Serbia tidak pernah menang dalam delapan pertandingan turnamen besar terakhir mereka (Draw 3 Kalah 5), sejak kekalahan 1-0 dari Kosta Rika di Piala Dunia 2018.

- Sejak empat kemenangan beruntun antara Januari dan Juni 2023, Serbia hanya berhasil meraih empat kemenangan dalam 14 pertandingan terakhir mereka (Draw 4 Kalah 6).

- Denmark telah memenangkan ketiga pertemuan sebelumnya dengan Serbia sejak tahun 2006, mencetak delapan gol dan kebobolan satu.

Susunan pemain:

Denmark: Schmeichel; Andersen, Christensen, Vestergaard; Mæhle, Hjulmand (Delaney 77’), Eriksen (Poulsen 88’), Hojbjerg, Bah (V Kristiansen 77’); Hojlund (Dolberg 59’), Angin (Skov Olsen 46’)

Serbia: Rajkovic; Veljkovic, Milenkovic, Pavlovic; Ilic (Vlahovic 67’), Gudelj (Jovic 46’); Mijailovic (Mladenovic 73’), Samardzic (Tadic 46’), Lukic (S Milinkovic-Savic 87’), Zivkovic; Mitrovic. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga