adplus-dvertising

Nikmati Bedanya Rasa Kopi Kecap Kota Kendari

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Senin, 04 Oktober 2021
828 dilihat
Nikmati Bedanya Rasa Kopi Kecap Kota Kendari
Gustamin saat meracik minuman Es Kopi Kecap di gerainya. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Kini minuman Es Kopi Kecap pun sudah bisa dirasakan di Kota Kendari, di Gerai Marmelo Lippo Plaza "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecap yang dipadukan dengan kopi ternyata menciptakan rasa yang cukup unik.

Inovasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Ali Kopi Cafe & Roastery Jakarta Barat pada awal tahun 2020 lalu, seperti dilansir dari idntimes.com.

Kini minuman Es Kopi Kecap pun sudah bisa dirasakan di Kota Kendari, di Gerai Marmelo Lippo Plaza.


Pemilik gerai Marmelo, Gustamin, mengatakan bahwa minuman Es Kopi Kecap sendiri baru diluncurkan di gerai miliknya pada bulan Juli lalu.

Ia membeberkan, Kopi Kecap miliknya memiliki takaran yang berbeda dengan resep Kopi Kecap lain. Selain kopi, susu, dan kecap, bahan lainnya adalah sirup khusus sebagai pengganti gula.

"Manisnya kita ada sirup khusus, tanpa gula itu. Kalau pakai gula, rasanya akan berbeda," katanya Minggu malam (3/10/2021).

Gustamin juga mengaku, sebelumnya ia telah melakukan trial and error sebanyak 37 kali sebelum mendapatkan rasa Kopi Kecap yang benar-benar pas.

"Trial and error saya coba 37 kali, lebih dari 11 merek kecap yang dipakai. Dan saya berkorban banyak untuk dapatkan rasa yang pas untuk Kopi Kecap ini," tuturnya.

Menu barunya mendapat sambutan hangat dari pelanggannya. Randi, yang merupakan barista Marmelo menyebutkan, rentang usia pelanggan minuman Es Kopi Kecap kebanyakan berusia 30 sampai dengan 40 tahun.

Baca Juga: Ini Resep Permen Dalgona yang Viral di Drama Korea Squid Game

Baca Juga: Kedai Ratu Alam, Sajikan Kuliner Khas Muna

"Pembeli Kopi Kecap biasanya ibu-ibu dan bapak-bapak umur 30 sampai 40 tahun. Kalau di bawah umur segitu masih jarang," jelas Randi.

Ia juga menambahkan, menu ini biasanya dibeli para pecinta kopi yang menginginkan rasa kopi berbeda, yang tentu saja belum pernah dirasakan sebelumnya.

Nisa, salah satu pembeli minuman Es Kopi Kecap mengatakan, rasa kopi dan kecapnya saling menyatu sehingga punya rasa yang begitu unik.

"Rasa kopi dan kecapnya sama-sama terasa, tidak eneg di leher. Rasanya mirip-mirip sama tiramisu," pungkasnya.

Gerai Marmelo menjual minuman Es Kopi Kecap nya dengan harga Rp 18.000 untuk gelas berukuran kecil dan Rp 22.000 untuk ukuran besar. (A)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga