adplus-dvertising

Nyaris Sempurna, Simak Rapor Timnas Indonesia di Babak Penyisihan Grup B Piala AFF 2020

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 20 Desember 2021
553 dilihat
Nyaris Sempurna, Simak Rapor Timnas Indonesia di Babak Penyisihan Grup B Piala AFF 2020
Skuad Timnas Indonesia saat merayakan kemenangannya. Foto: Repro okezone.com

" Timnas Indonesia hampir mendapatkan hasil sempurna pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. "

SINGAPURA, TELISIK.ID - Masyarakat Indonesia patut berbangga. Skuad Garuda hampir mendapatkan hasil sempurna pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong mengoleksi tiga kemenangan, dan satu hasil imbang. Dari hasil tersebut, tim merah putih berhasil mengumpulkan 10 poin, dengan selisih gol 13-4. Dengan begitu, selisih golnya yaitu 9.

Jumlah poin dan selisih gol yang didapatkan Timnas Indonesia sama dengan Vietnam, yaitu 10 dan 9. Namun, Skuad Garuda unggul produktivitas gol, sehingga berhak menjadi juara Grup B.


Tiga kemenangan Timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B didapat atas Kamboja, Laos, dan yang baru saja dihadapi yakni Malaysia. Sementara satu hasil imbang diraih ketika menghadapi Vietnam.

Melansir Bola.net, berikut ulasan rapor Timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020:

- Timnas Indonesia 4-2 Kamboja

Timnas Indonesia membuka turnamen ini dengan kemenangan. Skuad Garuda mempermalukan Kamboja dengan skor 4-2, di Bishan Stadium, Singapura, pada 9 Desember 2021.

Timnas Indonesia sudah unggul cepat pada menit keempat via Rachmat Irianto. Gelandang bertahan itu menambah gol lagi di menit ke-33. Dua gol skuad Garuda lainnya dihasilkan Evan Dimas (17'), dan Ramai Rumakiek (54').

Baca Juga: Gulung Malaysia 4-1, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2020

Sayangnya, gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Syahrul Trisna Fadillah juga kebobolan. Bahkan sampai dua gol lewat Yue Safi pada menit ke-38, dan Park Mony Udon (60').

- Laos 1-5 Indonesia

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kembali mencetak banyak gol pada matchday kedua saat menghadapi Laos di Bishan Stadium, pada 12 Desember 2021.

Lima gol berhasil disarangkan Timnas Indonesia ke gawang Laos. Masing-masing lewat Asnawi Mangkualam (23' pen), Irfan Jaya (35'), Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan Evan Dimas (84').

Sedangkan, gawang Timnas Indonesia juga dibobol. Laos mencetak satu gol lewat Kydavone Sauvanny pada menit 41.

- Timnas Indonesia 0-0 Vietnam

Pertandingan ketiga menjadi ujian terberat Timnas Indonesia karena melawan Vietnam yang merupakan favorit juara. Dengan taktik permainan bertahan, tim merah putih mampu menahan imbang dengan skor 0-0.

Hasil seri dalam laga yang berlangsung di Bishan Stadium, pada 19 Desember 2021 ini jadi sukses tersendiri buat Timnas Indonesia. Pasalnya, Vietnam selalu menjadi batu sandungan untuk Indonesia.

Namun, strategi yang disiapkan pelatih Shin Tae-yong ternyata bisa meredam kekuatan Vietnam. Pada laga ini, juru taktik asal Korea Selatan itu memakai pakem 5-4-1.

Baca Juga: Babat Metro FC di Final, PS TIRR Cs Sukses Jadi Kampiun Sepak Bola Reok

- Malaysia 1-4 Timnas Indonesia

Malaysia mampu unggul lebih dulu lewat gol spektakuler Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Beruntung, Timnas Indonesia bisa tetap tenang dan fokus ke pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Singapura, pada 19 Desember 2021.

Hasilnya, Timnas Indonesia mampu membalikkan keadaan dengan mencetak empat gol. Parade gol skuad Garuda dihasilkan oleh Irfan Jaya pada menit ke36 dan 43, Pratama Arhan (50'), serta Elkan Baggott (92').

Mengintip kompas.com, berikut jadwal Semifinal dan Final Piala AFF 2020: 

- Semifinal leg pertama: 22-23 Desember 2021 

- Semifinal leg kedua: 26 Desember 2021 

- Final leg pertama: 29 Desember 2021 

- Final leg kedua: 1 Januari 2022. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga