Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 Resmi Dihentikan

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 22 Januari 2021
0 dilihat
Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 Resmi Dihentikan
Tim SAR mengangkat kantong yang berisi hasil operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto: Repro Tirto.id

" Namun selanjutnya dengan operasi lanjutan, yaitu pemantauan atau monitoring secara aktif. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah hampir dua pekan atau 13 hari operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari lalu, resmi dihentikan.

"Maka hari Kamis, tanggal 21 Januari 2021, pada pukul 16.57 WIB, operasi pencarian dan pertolongan pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu secara resmi saya nyatakan ditutup atau dihentikan," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito, dikutip dari tayangan Kompas TV Kamis (21/1/2021).

Menurut Bagus, keputusan tersebut sudah melalui beberapa pertimbangan seperti pertimbangan teknis, hasil temuan korban, pertemuan beberapa kali dengan pihak keluarga korban, serta masukan-masukan dari unsur di lapangan.

Baca juga: Koalisi NGO Nilai Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Kapolri Minim Evaluasi HAM

Meski demikan, selanjutnya tim SAR tetap melakukan pemantauan dan tindakan lanjutan apabila ada temuan.

"Namun selanjutnya dengan operasi lanjutan, yaitu pemantauan atau monitoring secara aktif," tuturnya.

"Dan bila di kemudian hari ada dari masyarakat yang melihat dan menemukan yang diduga bagian dari korban ataupun pesawat kepada Basarnas, kami akan merespons untuk menindaklanjuti temuan tersebut," paparnya.

Seperti diberitakan Telisik sebelumnya operasi SAR seharusnya berakhir pada 15 Januari lalu, tapi kemudian diperpanjang tiga hari hingga 18 Januari, dan kembali diperpanjang sampai hari ini. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga