Optimalkan Penataan Pasar, Pemkot Kendari Lakukan Pelebaran Jalan dan Tertibkan PKL

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
Optimalkan Penataan Pasar, Pemkot Kendari Lakukan Pelebaran Jalan dan Tertibkan PKL
Kondisi terkini Pasar Lawata Kendari tengah dilakukan pelebaran jalan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gencar melakukan penataan kota menjadi lebih modern, salah satunya dengan penataan Pasar Lawata Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gencar melakukan penataan kota menjadi lebih modern, salah satunya dengan penataan Pasar Lawata Kota Kendari.

Pemerintah Kota Kendari terus berkomitmen dalam mewujudkan tata kota yang lebih baik dan teratur.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, menekankan pentingnya kerjasama dan kekompakan tim dalam melaksanakan program penataan ini.

Baca Juga: Pj Wali Kota Muhammad Yusup Dorong Penataan Drainase untuk Kendari Bebas Banjir

“Kita harus bekerja bersama-sama, tidak bisa sendiri-sendiri dan mengedepankan ego. Sistem yang sudah kita bangun harus dijalankan dengan baik,” tegasnya.

Beberapa kios pedagang di Pasar Lawata Kendari yang dagangannya berada diatas badan jalan  dibongkar. Foto: Erni Yanti/ Telisik

 

Yusup juga mengingatkan bahwa, tugas pemerintah adalah mengatur dan melayani masyarakat dengan harmonis.

“Kalau masyarakat tidak bisa diatur, kita harus mengatur dengan cara yang harmonis. Tujuan kita adalah menata kota dengan lebih baik, bukan bertindak semena-mena,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Trantibum Pol PP Kendari Hasman Dani menyampaikan, saat ini di Pasar Lawata tengah dilakukan pelebaran jalan untuk menghubungkan jalan menuju rumah jabatan gubernur.

Satpol PP Kendari turun di Pasar Lawata Kendari. Foto: Ist

 

Setelah pelebaran jalan selesai, tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari akan menetapkan batas-batas area berjualan bagi Pedagang kaki lima (PKL).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, bagi pedagang yang melanggar batas tersebut akan ditertibkan. Penertiban PKL di badan jalan bertujuan untuk menciptakan suasana pasar yang lebih indah dan tertata.

Baca Juga: Menjaga Kelembapan Kulit dengan Rutin Menggunakan Moisturizer

Ia juga mengungkapkan, penertiban ini dilakukan sesuai dengan peraturan daerah (Perda) nomor 1 terkait RT RW. Berdasarkan Perda tersebut Satpol PP Kendari siap membantu Pemkot Kendari dalam melakukan penertiban.

Kabid Trantibum Pol PP Kendari Hasman Dani mengontrol pelebaran jalan di Pasar Lawata. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Ia berharap, dengan penertiban ini Pasar Lawata akan menjadi pasar yang lebih indah, tertata, dan nyaman bagi pengunjung.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melancarkan arus lalu lintas, dan menjaga ketertiban umum. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga