Palestina Merdeka Pertanda Kiamat Semakin Dekat?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Palestina Merdeka Pertanda Kiamat Semakin Dekat?
Konflik Israel vs Palestina kembali memanas, bahkan Israel mengepung 2,3 juta penduduk Gaza yang mayoritas warga sipil dengan serangan udara dan bom. Foto: Antaranews.com

" Belakangan ini, konflik Israel dan Palestina kembali menggemparkan. Bahkan jalur Gaza hingga kini masih terus dihujani bom oleh Israel "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Belakangan ini, konflik Israel dan Palestina kembali menggemparkan. Bahkan jalur Gaza hingga kini masih terus dihujani bom oleh Israel.

Benarkah jika Palestina merdeka merupakan tanda-tanda kiamat?

Kiai Bahaudin Nursalim (Gus Baha) punya pendapat sendiri mengenai peperangan Palestina dan Israel dan hubungannya dengan hari kiamat.

Menurut Gus Baha, Palestina dan Israel sangat sulit untuk berdamai. Keduanya memiliki keyakinannya masing-masing bahwa Yerussalem adalah miliknya. Hal ini lantaran keyakinan dalam kitab suci baik di Islam maupun Yahudi.

Gus Baha menjelaskan rentetan konflik Palestina dan Israel yang hingga kini belum mendekati perdamaian.

"Pada zaman Nabi Muhammad, di Kota Madinah yang dahulu bernama Yasrib, ada komunitas Yahudi dari Bani 'Aus dan Khazraj," kata Gus Baha dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Baca Juga: Update Terbaru Palestina Vs Israel, Bisa jadi Perang Dunia ke-3?

Gus Baha menjelaskan, kaum Yahudi memiliki kitab suci. Dalam kitab suci setiap agama biasanya menceritakan mengenai sosok yang akan datang di masa depan, termasuk calon nabi akhir zaman dari dinasti Ismail yakni generasi Nabi Ismail yang harus ke Mekkah.

Kota ini menjadi tujuan karena di sanalah bangsa Arab dari generasi Ismail mayoritas tinggal. Ayah Ismail yakni Nabi Ibrahim dan Siti Hajar pun hidup di Mekkah.

"Kalau yang di Palestina, yaitu Yahuda cs, yang akhirnya sekarang jadi kelompok Yahudi Zionis, itu juga keturunan Nabi Ibrahim, tapi garis keturunan Nabi Ya'qub," kata Gus Baha.

Alquran dan hadis merupakan dua sumber utama yang menjelaskan pentingnya Hari Kiamat, dan mempertanyakan keberadaannya berarti meragukan inti ajaran Islam. Sejak zaman dahulu, manusia telah terus memikirkan dan penasaran tentang waktu yang tepat datangnya Hari Kiamat. Pada saat-saat ketidakpastian ini, Allah telah memberikan penjelasan dalam QS Al-A'raf ayat 187:

"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat,"Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Terjadinya Hari Kiamat hanya Tuhan yang Maha Tahu, manusia hanya diberikan tanda-tanda kiamat untuk mempersiapkan diri menyiapkan amal ibadah sebaik mungkin.

Berikut tanda-tanda kiamat menurut Alquran dan Hadis:

1. Waktu cepat berlalu

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Kiamat tidak akan terjadi hingga waktu terasa berjalan cepat; setahun seperti sebulan, sebulan seperti sepekan, sepekan seperti sehari dan sehari seperti sesaat, seperti cepatnya pelepah kurma yang kering terbakar." (HR. Tirmidzi)

2. Munculnya api di Yaman

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika ada kemunculan api dari Yaman. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, diungkap dalam hadis riwayat Muslim. Bahwa kemunculan api dari tanda-tanda kiamat dalam Islam. akan membawa manusia menuju tempat tertentu.

"Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul." (HR. Muslim).

Baca Juga: Update Perang Hamas Vs Israel, Korban Palestina Dua Kali Lipat

3. Terjadinya gempa

Terjadinya gempa bumi sebagai tanda hari kiamat dijelaskan dalam Alquran surat Al Hajj ayat 1,

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

4. Munculnya Dajjal dan Imam Mahdi

Datangnya Dajjal merupakan tanda-tanda kiamat sudah sangat dekat. Dajjal akan keluar di sebuah tempat yang bernama Danau Tiberias. Dengan kekuatannya, Dajjal mampu memerintahkan langit untuk menurunkan hujan karena sebelumnya akan ada kemarau yang panjang.

Disebabkan karena kemarau panjang, semua tumbuhan dan hewan akan mengalami kesusahan. Namun, Dajjal mampu memerintahkan bumi untuk menyuburkan tanah sehingga membuat tumbuhan dan membuat hewan ternak dapat berkembang dengan baik.

Kedatangan Dajjal juga akan divarengi dengan kedatangan Imam Mahdi. Hal ini untuk menunjukkan kebenaran kepada umat manusia bahwa ajaran yang diberikan oleh Dajjal merupakan ajaran yang sesat dan memerintahkan umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar meyakini Allah sebagai satu-satunya tuhan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga