Pamer Sumber Daya Alam, Dubes Tertarik Investasi di Sultra

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Pamer Sumber Daya Alam, Dubes Tertarik Investasi di Sultra
Diskusi investasi yang digelar di salah satu hotel di Kendari. Foto: Dok. Telisik

" Diskusi investasi dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN), menarik sejumlah Duta Besar (Dubes) untuk melakukan investasi di Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Diskusi investasi dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) menarik sejumlah Duta Besar (Dubes) untuk melakukan investasi di Sultra.

Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi mengungkapkan, potensi investasi di 17 daerah Sultra meliputi sektor pariwisata, perkebunan, pertambangan, pertanian serta perikanan.

"Diharapkan dari hasil pemaparan menghasilkan multiplier effect sehingga para duta besar negara Asia, Eropa, Eropa Timur yang hadir tadi, bisa menyampaikan kepada para investor di negaranya masing-masing," ungkapnya.

Parinringi mengatakan, para duta besar memberikan sinyal positif akan berinvestasi. Seperti duta-duta besar Eropa yang begitu antusias memperjelas bagaimana mekanisme berinvestasi.

Dalam kegiatan tersebut, ada 3 kepala daerah yang langsung memaparkan sumber daya alamnya yaitu Wali Kota Kendari Sulkarnain, Bupati Konawe Utara Ruksamin dan Bupati Wakatobi Haliana.

Dalam pemaparannya Sulkarnain lebih menekankan keunggulan wisata yanh dimiliki Kendari mulai dari kebun raya, pantai, masjid Al-Alam dan Teluk Kendari.

Tak hanya itu ia juga menyinggung kuliner kebanggaan masyarakat Kota Kendari seperti sinonggi.

"Kalau berkesempatan bisa cicipi kuliner sedap (sinonggi) ini," katanya.

Sementara itu Haliana menarik perhatian investor yang menjurus pada potensi bawah laut daerah Wakatobi yang dianggap sebagai surga dunia.

Baca Juga: Gagal Jadi Dokter karena Kendala Biaya, Pemuda Ini Banting Stir Buka Usaha Kuliner

Kekayaan itu meliputi rumput laut, terumbu karang dan juga budidaya udang vename.

"Kami telah melakukan panen udang vename hanya dalam waktu 58 hari," katanya.

Di tempat yang sama, Ruksamin menarik perhatian investor dengan kekayaan alam Konawe Utara pada sektor pertambangan.

Baca Juga: Hadirkan Motor Sampah, Dewan Ingin Kawasan UHO Jadi Pilot Project Pengelolaan Sampah

"Konut memiliki cadangan nikel sebesar 46 miliar metrik ton atau 47 persen dari total cadangan nikel di Sultra. Dengan jumlah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Konut saat ini sebanyak 134," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut ada beberapa Dubes yang hadir yakni Dubes Maroko, Iran, Taiwan, Rusia, Seychelles dan Cekoslovakia. (A)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga