Pamit Melaut, Nelayan di Buton Tak Kunjung Kembali

Riksan Jaya, telisik indonesia
Rabu, 07 Februari 2024
0 dilihat
Pamit Melaut, Nelayan di Buton Tak Kunjung Kembali
Tim SAR sedang melakukan proses pencarian (kiri) dan perahu milik korban yang ditemukan tanpa awak (kanan). Foto: Ist.

" Seorang nelayan bernama Dusman (56) warga Desa Holimombo, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, dilaporkan hilang saat melaut "

BUTON, TELISIK.ID - Seorang nelayan bernama Dusman (56) warga Desa Holimombo, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, dilaporkan hilang saat melaut. Tim SAR kini dikerahkan untuk melakukan pencarian.

Muhamad Arafah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari menyampaikan, setelah korban dinyatakan hilang, Bhabinkamtibmas Desa Holimombo, La Sahari, melaporkan kejadian tersebut ke Comm Center KPP Kendari.

“Pada pukul 07.10 Wita, Comm Center KPP Kendari menerima informasi dari Bapak La Sahari Bhabinkamtibmas Desa Holimombo yang melaporkan bahwa satu orang nelayan hilang di sekitar perairan Desa Holimombo, Kecamatan Wabula,” ungkapnya, Rabu (7/2/2024).

Setelah laporan itu diterima, Tim Rescue Pos SAR Baubau dikerahkan untuk melakukan pencarian menggunakan kapal karet.

Baca Juga: Tujuh Hari Hilang, Nelayan di Buton Belum Ditemukan

“Berdasarkan laporan tersebut,  pada pukul 07.30 Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR,” tambahnya.

Kabar terakhir dari korban adalah ketika ia pamit kepada istrinya pada sore hari untuk menuju rumpon miliknya. Namun setelah itu korban tak kunjung kembali. Sementara perahu milik korban ditemukan dalam keadaan kosong tanpa awak.

Baca Juga: Nelayan di Buton Hilang, Perahu Ditemukan Mengambang di Perairan Wabula

Pada hari Selasa (6/2/2024) pukul 17.30, korban pamit kepada istrinya untuk turun melaut menuju rumpon milik korban dengan menggunakan longboat. Jarak rumpon korban dari desa sekitar 1,5 mil laut.

Pada pukul 18.15, seorang nelayan La Tini yang juga warga Desa Holimombo, menemukan longboat milik korban dalam keadaan kosong sekitar 1 mil laut dari daratan, selanjutnya korban membawa longboat tersebut menuju darat dan memberitahukan istri korban terkait penemuan longboat tersebut.

Arafah menyampaikan bahwa pihaknya masih terus melakukan pencarian namun belum membuahkan hasil. (C)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga