Panas, Pilkada Muna Dipastikan Head to Head

Musdar, telisik indonesia
Senin, 31 Agustus 2020
0 dilihat
Panas, Pilkada Muna Dipastikan Head to Head
Najib Husain, Pengamat Politik. Foto: Ist.

" Hanya akan dua pasang Rajiun dan Rusman. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah PAN merekomendasi pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI), di Pilkada Muna 2020, dipastikan bakal terjadi head to head.

"Hanya akan dua pasang Rajiun dan Rusman," terang Pengamat Politik Sultra, Najib Husain, Senin (31/9/2020).

Satu lawan satu di Pilkada Bumi Sowite, Paslon berakronim RAPI itu direkomendasi oleh lima partai yakni, NasDem, Demokrat, PPP, Gerindra dan PAN dengan 11 total kursi.

Sedangkan Paslon LM Rusman Emba-Bahrun Labuta diusung empat partai yakni PDIP, Golkar, PKS dan PKB dengan 14 total kursi.

Sementara untuk Partai Hanura belum mau menentukan sikap dan masih setia pada Syarifuddin Udu.

Baca juga: Dewan Sumut Duga Ada Pengelolaan Air Bersih di KIM Tak Bayar Pajak

Selain itu, figur lainnya yang sebelumnya memproklamirkan diri maju yakni Dokter Baharuddin batal maju setelah rekomendasi PAN yang dikantonginya digeser ke kandidat lain.

Kemudian Syarifuddin Udu-Hasid yang sudah mengantongi rekomendasi Hanura dengan lima kursi kemungkinan besar batal maju karena tidak mendapatkan koalisi.

"Yang menjadi pemikiran sekarang lari ke mana basis suara yang besar ini. Pak Dokter kira-kira mengarahkan basis suaranya ke mana, begitu juga Syarufuddin dan Hasid arahnya ke mana? Itu menjadi teka-teki buat kita," ungkap Dosen Ilmu Politik UHO ini.

Lanjut Najib, dengan keputusan head to head, Pilkada Muna akan menjadi kompetisi yang menarik, namun di sisi lain bisa menimbulkan konflik yang lumayan besar sehingga pertarungan akan sedikit memanas.

"Perlu banyak kedewasaan para politisi di Muna untuk menghindari gesekan para pendukung," tutupnya.

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga