Pandemi Belum Mereda, Perayaan HUT Konawe Ditiadakan

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
0 dilihat
Pandemi Belum Mereda, Perayaan HUT Konawe Ditiadakan
Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemda Konawe tidak mengadakan perayaan atau pemeran yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat "

KONAWE, TELISIK.ID - Perayaan hari jadi Kabupaten Konawe ke-62 tahun ini nampak akan sama pada tahun sebelumnya tanpa ada perayaan.

Hal ini dilakukan Pemda Konawe untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron yang meningkat di sejumlah daerah di Indonesia tak terkecuali daerah Konawe sendiri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, untuk perayaan HUT Konawe ke-62 tahun, Pemda Konawe tidak mengadakan perayaan atau pemeran yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat terutama masih dalam kondisi pendemi saat ini.

Akan tetapi, lanjut Ferdinand, perayaan HUT Konawe ini akan diganti konsep dengan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial seperti benah rumah dan kegiatan turnamen sepak bola.

"Perayaan HUT Konawe seperti pameran kami tiadakan namun kami ganti dengan kegiatan bakti sosial dan turnamen bola," Katanya, Senin (14/2/2022).

Lebih lanjut kata Ferdinand, dalam kegiatan bakti sosial tersebut, Pemda Konawe merencanakan akan membenahi rumah warga Kecamatan Soropia dan pihaknya telah mendata jumlah rumah yang akan dirapikan sebanyak 46 rumah.

"Kalau untuk turnamen bola, besok kita mulai di lapangan Pondidaha, dan juga masih rangkaian HUT Konawe," jelasnya.

Baca Juga: Dana Tersedia, Pilkades Serentak Konsel Siap Digelar

Jenderal ASN Konawe itu menjelaskan, kegiatan seperti ini seperti turnamen sepak bola merupakan salah satu bentuk pertimbangan yang diambil dalam masa pendemi sekarang, menurutnya dengan berolahraga tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari serangan virus.

"Kemudian juga karena faktor cuaca, kalau sepak bola kan biar hujan masih berjalan, tapi kalau kegiatan lain misal pameran pasti terkendala," katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk kasus COVID-19 di Konawe terbilang cukup meningkat. Ada sekitar 11 orang yang terpapar dan 2 orang terkonfirmasi varian Omicron.

Baca Juga: Menteri Pertanian Bakal Kunker ke Konawe, Ini Agendanya

"Posisi info hari Jumat kemari saya dengar ada 11 orang, dan 2 orang Omicron diduga mereka belum divaksin dan trakingnya itu keluar daerah," ungkap Ferdinand.

Ferdinand juga berharap agar masyarakat Konawe sadar vaksin terutama booster. Karena menurutnya, setelah diamati antara yang kena jenis varian ini Omicron terlihat yang belum divaksin itu keliatan lebih parah  dibandingkan dengan sudah divaksin.

"Kalau perlu bisa kita vaksin sampai 100 % ini, makanya kita butuh kan kesadaran yang tinggi dari masyarakat," pungkasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga