Peringati Hari Sumpah Pemuda, Sekda Kolaka Timur: Bersama Majukan Indonesia

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Sekda Kolaka Timur: Bersama Majukan Indonesia
Pemda Kolaka Timur menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Lapangan Lalingato, Senin (30/10/2023) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 di Lapangan Lalingato, Senin  (30/10/2023).

Sekda Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa sebagai Plh Bupati Koltim mengajak semua stakeholder untuk mencanangkan kebulatan tekad dalam membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan Indonesia.

"Setiap tanggal 28 Oktober, kita selalu merayakan peringatan HSP. Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme," ucapnya.

Baca Juga: Ribuan Bilik Suara Diterima KPU Kolaka Timur

Ia mengatakan, melalui momentum ini, menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Pemda Kolaka Timur menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto: Ist.

 

Lanjut Sekda, peringatan HSP ke-95 tahun 2023 bagaimana dapat bersama majukan Indonesia dengan membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, Pemerintahan Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda Indonesia dalam  mewujudkan harapan masa depan Indonesia. Kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Sekda menjelaskan, posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya.

Namun lanjut Sekda, semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

"Marilah kita jadikan momentum peringatan HSP ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," tutup Sekda.

Melansir wikipedia.org, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Keputusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Mohammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga