Lingkungan di Muna-Muna Barat Kini Punya Kasat Kamling

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 21 Juni 2023
0 dilihat
Lingkungan di Muna-Muna Barat Kini Punya Kasat Kamling
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin bersama Sekda Eddy Uga menyerahkan hadiah pada awak Kamling. Foto: Sunaryo/Telisik

" Polres Muna terus melakukan terobosan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Muna dan Muna Barat, dengan membentuk Ketua Satuan Keamanan Lingkungan "

MUNA, TELISIK.ID - Kepolisian Resort (Polres) Muna terus melakukan terobosan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Muna dan Muna Barat. Langkah yang dilakukan adalah dengan membentuk Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling).

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menerangkan, kasat dan awak kamling memiliki peran dan tugas sebagai pengamanan swakarsa masyarakat dalam membantu tugas kepolisian dalam meningkatkan pemeliharaan kamtibmas yang diatur pada UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

"Sifatnya mereka non yustisi (tidak melakukan penegakan hukum)," kata Mulkaifin, Rabu (21/6/2023) di sela-sela apel Kasat Kamling.

Hadirnya pengamanan swakarsa diharapkan sebagai garda terdepan dalam memperkuat sistem keamanan lingkungan dalam menghadapi Pemilu 2024. Untuk itu juga, kasat bersama awaknya, nantinya akan dibekali  pelatihan dan pembinaan.

Baca Juga: Pos Kamling Kembali Diaktifkan Guna Cegah Kejahatan

Baca Juga: Keamanan Sering Terganggu, Warga Minta Dibuatkan Pos Kamling

"Kehadiran Kasat Kamling dan awaknya diharapkan menjadi cooling sistem di tengah-tengah masyarakat," pintanya.

Sementara itu, Sekda Muna, Eddy Uga mengapresiasi langkah pihak kepolisian yang telah membentuk Kasat Kamling yang dapat membantu menjaga kamtibmas.

"Kita harap dengan adanya Kasat Kamling dan awaknya, daerah bisa lebih kondusif," pungkasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga