Pasar Penuh Sesak Jelang Lebaran, Pembeli Rela Berdesak-desakan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Pasar Penuh Sesak Jelang Lebaran, Pembeli Rela Berdesak-desakan
Pembeli memadati Pasar Ranomeeto untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Masyarakat tampak sangat antusias menyiapkan segala kebutuhan lebaran, utamanya makanan yang akan disantap di hari lebaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M, masyarakat tampak sangat antusias menyiapkan segala kebutuhan lebaran, utamanya makanan yang akan disantap. Termasuk warga Kota Kendari, yang memadati pasar-pasar untuk berbelanja kebutuhan hari raya.

Tak ayal, pasar-pasar penuh sesak oleh pembeli. Pemandangan itu tampak pula di Pasar Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan. Membludaknya masyarakat yang datang berbelanja di pasar ini terlihat sejak pukul 06.30 Wita, Kamis (20/4/2023).

Banyak masyarakat yang berbelanja kebutuhan lebaran seperti kulit ketupat, kulit lapa-lapa, daun pisang dan sebagainya. Terlihat pula di beberapa sudut pasar, pedagang sandal dipenuhi oleh ibu rumah tangga yang berbelanja sandal lebaran.

Dari pantauan Telisik.id, nampak beberapa ibu yang tak sabar berjalan menerobos sempitnya jalan setapak di area pasar. Seorang pedagang, Siti Marwah menuturkan jika area pasar menjelang lebaran memang selalu seperti itu.

Baca Juga: Pedagang Buah di Jalur Mudik Ini Alami Peningkatan Pendapatan Jelang Lebaran

Di sisi lain, muda-mudi yang tak mau kalah dengan kegesitan ibu-ibu di tengah sempit dan sesaknya jalan setapak pasar, juga nampak ikut mencoba menerobos lalu lalang pembeli yang membludak.

Pengunjung pasar lainnya, Rita Minarti, cukup lelah dengan banyaknya pembeli dibanding hari biasa. Selain lelah berdesak-desakan, ia juga lelah mencari harga yang pas untuk sandal yang akan dipakainya lebaran.

Baca Juga: Sarang Ketupat Laris Manis Jelang Hari Raya Idul Fitri

"Banyak sekali orang, biasanya nda beginiji. Belum lagi ibu-ibu malas bersabar, asal terobos. Padahal sudah sempit sekali, da masih paksakan," keluhnya.

Tak sedikit pula ibu-ibu yang membawa anak kecilnya tampak kewalahan. Selain membopong anaknya, ia juga harus membawa barang belanjaan yang tak sedikit. Beberapa di antaranya menyuruh anaknya menunggu di parkiran sembari dijagai oleh sang kakak.

Desak-desakan semakin parah dengan keberadaan beberapa pedagang yang memilih area jalan sebagai tempat menjajakan dagangannya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga