Pasca Bom di Makassar, Bombana Disterilkan Jelang Perayaan Hari Paskah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 29 Maret 2021
0 dilihat
Pasca Bom di Makassar, Bombana Disterilkan Jelang Perayaan Hari Paskah
AKBP Dandy Ario Yustiawan, S. IK, Kapolres Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Tetap waspada, dan informasi liar juga harus tetap disaring. Selain itu, gambar dan video-video yang berkaitan dengan serangan teror tidak disebar. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Belum lama ini, Indonesia digegerkan dengan ledakan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, pada hari Minggu (28/03) kemarin.

Di Kabupaten Bombana sendiri, Polisi ditugaskan untuk benar-benar melakukan deteksi dini di tempat-tempat keramaian, serta tempat peribadatan. Apalagi saat ini, umat Kristen tengah mempersiapkan diri untuk memperingati Hari Paskah yang jatuh pada Jumat (2/4/2021) mendatang.

Kapolres Bombana, AKBP Dandy Ario Yustiawan menerangkan, pihaknya mengerahkan satuan intelejen lalukan deteksi dini. Sementara personil lainnya, akan rutin melakukan pengamanan dan patroli guna memastikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Tentunya Polri, khususnya di Bombana benar-benar akan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan nyaman dari gangguan apapun," kata Dandy, Senin (29/3/2021).

Meski ditekankan untuk selalu waspada dengan aksi-aksi yang menganggu, Dandy juga berharap kepada masyarakat agar tidak mudah termakan oleh informasi liar, terkait gerakan radikalisme yang mengarah pada aksi teror.

"Tetap waspada, dan informasi liar juga harus tetap disaring. Selain itu, gambar dan video-video yang berkaitan dengan serangan teror tidak disebar," harapnya.

Diketahui, pekan Suci Paskah yaitu rangkaian ibadah atau ritual para umat Khatolik dilakukan guna merenungkan dan menghayati berbagai peristiwa yang mendasari pusat iman Katolik.

Baca Juga: Pelaku Bom di Makassar Pasangan Suami Istri Baru Enam Bulan Menikah

Peristiwa tersebut berpusat pada kematian serta kebangkitan Yesus Kristus.

Adapun rangkaiannya, yakni pada Kamis 1 April disebut dengan sebutan Kamis Putih, dimana Umat Katolik memperingati Kamis Putih atau Perjamuan Terakhir setiap tahun pada hari Kamis sebelum Paskah. Pada hari ini, ada tradisi pembasuhan kaki seperti yang dilakukan Yesus kepada para rasul sebelum Perjamuan Terakhir.

Selanjutnya, Pada Jumat 2 April 2021 disebut Jumat Agung hati, dimana diperingati sebagai hari meninggalnya Yesus di kayu salib. Umat Katolik akan berduka pada hari ini dengan mengadakan misa sederhana.

Di Indonesia, Jumat Agung ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. Dan pada  tanggal 4 April 2021, yakni Hari Paskah sebagai hari perayaan kebangkitan Yesus Kristus - kepercayaan utama bagi orang Katolik dan Kristen di seluruh dunia dan titik fokus iman mereka. Dalam Injil, peristiwa ini terjadi tiga hari setelah Yesus wafat di Salib. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga