Buton Terus Berbenah di Usia ke-64

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 04 Juli 2023
0 dilihat
Buton Terus Berbenah di Usia ke-64
Upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Buton yang dirangkaikan dengan hari jadi Kecamatan Pasarwajo sebagai Ibu Kota Kabupaten Buton. Foto: Febriyani/Telisik

" Hari jadi Kabupaten Buton ke-64 yang dirangkaikan dengan hari jadi Pasarwajo ke-20 sebagai ibu kotanya berlangsung "

BUTON, TELISIK.ID - Hari jadi Kabupaten Buton ke-64 yang dirangkaikan dengan hari jadi Pasarwajo ke-20 sebagai ibu kotanya berlangsung, Selasa (4/7/2023).

Dalam catatan sejarah, Buton menjadi salah satu peradaban tertua di Indonesia. Hingga saat ini Kabupaten Buton terus berbenah dan berinovasi untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah.

Buton dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT kekayaan alam yang sangat berlimpah, di darat maupun dilaut. Di antaranya potensi tambang Aspal yang sangat besar, kurang lebih memiliki potensi 660 juta ton dan potensi kelautan dan perikanan yang begitu luas. Atas dasar itu, maka tema HUT Kabupaten Buton tahun ini adalah "Aspal Buton Bangkit Indonesia Maju."

Baca Juga: Di Era Modern, Kambewe Jagung Tua Masih Dijumpai di Buton

Dalam sambutanya, Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran berharap, upacara HUT ini tidak menjadi seremonial belaka, tapi menjadi sejarah manivestasi pembangunan daerah.

Pada hari jadi ke-64 ini, pernak-pernik dan aksesoris yang bercirikhas Buton ditampilkan, serta dirangkaikan dengan acara pekande-kandea atau makan bersama. Hal itu merupakan pengenalan kekayaan tradisi dan budaya masyarakat Buton.

Kabupaten Buton ini besar dengan keragaman budaya dan masyarakat yang dinamis. Besar harapan masyarakat Buton agar pembangunan di daerah semakin maju, dan budaya Buton dapat dikenal dunia.

Baca Juga: Perahu di Atas Batu, Ikonik Tersohor di Ratu Ampat Bahari Buton Selatan

Sementara Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen mengharapkan, Buton semakin bangkit dan masyarakatnya semakin baik dan maju ke depannya.

Kegiatan upacara peringatan hari jadi Kabupaten Buton berjalan mulus, meskipun di akhir acara cuaca menjadi tidak bersahabat. Namun, para peserta upacara tetap semangat dan sigap mengikuti upacara hingga selesai. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga