PB HMI Tekankan Pentingnya Peluang Bonus Demografi Pemuda

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
PB HMI Tekankan Pentingnya Peluang Bonus Demografi Pemuda
Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) tekankan pentingnya peluang bonus demografi pemuda. Hal itu terungkap dalam pelantikan pengurus Badko HMI dan Korps HMI Wati Sulawesi Tenggara periode 2021-2023. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Bonus demografi dengan banyaknya populasi usia produktif harusnya bisa menjawab segala tantangan yang ada "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menekankan pentingnya peluang bonus demografi pemuda.

Hal itu didasari kerena melihat Sumber Daya Alam (SDA) dan potensi kekayaan Sulawesi Tenggara yang sangat melimpah sehingga peran pemuda sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan potensi dalam memajukan pembangunan dan perekonomian yang berdaya saing.

Tentunya bonus demografi dengan banyaknya populasi usia produktif harusnya bisa menjawab segala tantangan yang ada agar tidak menjadi bencana. Peluang itu harus dijemput dengan peran aktif pemuda dengan terus mengasah kemampuan dan menciptakan inovasi baru.

Bendahara Umum PB HMI, Abdul Rabbi Syahrir mengatakan, potensi Sulawesi Tenggara menjadi perbincangan nasional bahkan internasional. Kekayaan sumber daya alam yang melimpah menjadi incaran dan primadona bagi investor asing.

Tentunya kekayaan tersebut menjadi peluang dan tantangan tersendiri, untuk generasi muda bangsa khususnya di Sulawesi Tenggara. Bonus demografi harus menjadi jawaban dalam tata kelola pemerintahan dan sumber daya yang ada ke depan.

"Kemampuan dan inovasi baru harus kita ciptakan, dengan melakukan berbagai lompatan kemajuan agar tidak ketinggalan zaman. Kita juga memerlukan kolaborasi yang lebih serius dalam merespons problem daerah," katanya

Baca Juga: Musda III KAHMI Kota Kendari Berlangsung Gayeng

Tak hanya itu, untuk merangsang anak muda menuju Sulawesi Tenggara maju ke depan, sudah saatnya dilakukan berbagai gerakan sesuai dengan perkembangan zaman.

Ia menambahkan, kaderisasi dan kurikulum pendidikan harus menjadi perhatian bersama untuk menciptakan pemimpin bangsa sekaligus adanya kampus merdeka harus merdeka juga menghadapi tantangan global agar tidak salah memetakan kompetitif menuju cita-cita penguatan ekonomi dan pembangunan dapat terwujud.

Sementara Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulawesi Tenggara, Umar mengatakan, kondisi kekayaan alam yang begitu melimpah, stakeholder dan pemuda harus bersatu padu membangun Sulawesi Tenggara dengan sumber kekayaan yang ada.

"Kita harus bersatu, mengontrol segala kebijakan pemerintah dengan menerima segala investasi lokal dan asing jika itu berhubungan dengan kepentingan rakyat," tegasnya, Selasa (14/2/2023).

Dia berharap ke depan, segala lini, sektor dan penjuru bisa dimanfaatkan untuk menuju Sulawesi Tenggara yang maju.

Sehingga keberadaan lembaga, terkhusus Badko HMI, bisa bersinergi dengan pemerintah, untuk melatih dan mengasah bakat keterampilan pemuda.

"Kenapa pembangunan kita tidak maju, karena kita terpecah, kita tidak punya skill dan kemampuan," tambahnya.

Baca Juga: Usai Dilantik, Satu Pengurus KAHMI Kubu Ruksamin Mengundurkan Diri

Eks Ketua Badko HMI Sultra, Candra Dirga mengatakan, bagaimana pun ke depan tetap harus merebut kepemimpinan lokal maupun nasional.

"Idealisme dan kecerdasan sebagai bekal, kita sebagai putra bangsa dan anak muda harus menjadi sentrum gerakan dan pelopor perubahan daerah," tegasnya.

Kegiatan pelantikan pengurus Badko HMI dan Korps HMI Wati Sulawesi Tenggara periode 2021-2023 berlangsung di Hotel Claro Kendari, bertema HMI Berdaya, Wujudkan Sulawesi Tenggara sebagai Pilar Pembangunan Perekonomian Nasional Menuju Indonesia Maju.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kapolda Sulawesi Tenggara, Dandrem 143 Halu Oleo, lembaga kemahasiswaan, pers dan Cipayung Plus kota dan provinsi. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga