PDP di Kabupaten Bombana Bertambah Satu

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 12 April 2020
0 dilihat
PDP di Kabupaten Bombana Bertambah Satu
Juru Bicara Satgas COVID-19 Bombana, Heryanto saat jelaskan data sebaran kasus Corona. Foto: Hir/Telisik

" PDP yang kami rujuk tadi malam itu tidak pernah keluar daerah tetapi ada anaknya yang pernah ke Kendari menjenguk ponakannya yang sakit. "

BOMBANA,TELISIK.ID — Jumlah PDP COVID-19 di wilayah Bombana kembali bertambah. Pasien tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit rujukan penanganan COVID-19 di RSU Konawe Selatan (Konsel).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bombana, Heryanto mengatakan, PDP tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah atau daerah transmisi. Akan tetapi berdasarkan hasil tracking, PDP tersebut memiliki kerabat dekat (keluarga)  yang pernah melakukan perjalanan ke Kota Kendari di salah satu rumah sakit.

“PDP yang kami rujuk tadi malam itu tidak pernah keluar daerah tetapi ada anaknya yang pernah ke Kendari menjenguk ponakannya yang sakit,” urai Heryanto,  Minggu (12/4/2020).

Baca juga: Layaknya Kota Mati, Beginilah Kondisi Kota Kendari Saat ini

Heryanto menambahkan, PDP yang  berusia 82 tahun itu pernah lakukan  pemeriksaan medis di salah satu klinik kesehatan di Bombana pada 8 April 2020.

“Dari klinik tersebut pasien dirujuk ke RSUD Bombana untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut," lanjutnya.

Setelah hasil rontgen PDP tersebut keluar, oleh gugus tugas setempat menetapkan sebagai terduga PDP COVID-19, dan langsung dirujuk Sabtu malam (11/4/2020).

Kata Heryanto, pesien itu mengeluhkan ada sesak, mual dan lainnya yang mirip gejala COVID-19. Awalnya kerabat PDP tidak ada yang mengaku pernah melakukan perjalanan keluar daerah. Namun setelah melakukan upaya pendekatan emosional, kerabatnya pun mengakui.

Untuk diketahui, jumlah kasus di wilayah Kabupaten Bombana  per 12 April 2020, tercatat 17 Orang Dalam Pemantauan (ODP),  2 orang PDP, 2 Orang Tanpa Gejala (OTG) serta 277 orang dinyatakan bebas pantauan.

 

Reporter: Hir

Editor : Sumarlin

Baca Juga