Pedagang Kali Kadia Akan Dipindahkan ke Pasar PKL

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 25 Mei 2023
0 dilihat
Pedagang Kali Kadia Akan Dipindahkan ke Pasar PKL
Pj. Wali Kota Kendari memimpin rapat persiapan penataan kawasan Kali Kadia dan rencana pemindahan ratusan pedagang di kawasan itu. Foto: Sumarlin/Telisik

" Untuk menata kawasan Kali Kadia, ratusan pedagang yang berjualan di kawasan itu akan dipindahkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menata kawasan Kali Kadia, ratusan pedagang yang berjualan di kawasan itu akan dipindahkan. Rencana penataan kawasan Kali Kadia dan pemindahan pedagang, dibahas dalam pertemuan di ruang rapat Wali Kota Kendari, Kamis (25/5/2023).

Rencananya ratusan pedagang di wilayah itu akan dipindahkan di beberapa tempat. Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang memimpin rapat, meminta agar dilakukan penataan di Pasar PKL sebelum pemindahan dilakukan. Sehingga butuh dukungan sejumlah OPD di antaranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Dinas PU bisa meminjamkan alatnya untuk meratakan lahan Pasar PKL yang masih bergelombang, kemudian Pak Ketua Satgas Asisten I dan Kepala BPBD bisa membantu merapikan pohon di sana. Yang membutuhkan penanganan khusus hanya lapak penjual ikan dan daging yang rusak kena angin puting beliung," jelasnya.

Menurutnya, saat ini kondisi Pasar PKL masih bisa menampung banyak pedagang, sehingga bisa menampung pedagang kuliner dan pedagang buah yang berjualan di kawasan Kali Kadia.

Selain itu, untuk mengaktifkan pasar itu, Pemerintah Kota Kendari akan mengarahkan kembali pembongkaran sayur di Pasar PKL, yang selama ini fokus di Pasar Baruga.

Baca Juga: Kegalauan Pedagang Kali Kadia Direspon DPRD Kota Kendari

Rencananya, pembongkaran sayur di Pasar PKL akan diarahkan dari Kabupaten Konawe namun akan berkoordinasi dengan Perumda Pasar untuk mengatur distribusinya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala, meminta Dinas Perdagangan bersama pengelola Pasar PKL untuk melengkapi sejumlah fasilitas, sebelum para pedagang Kali Kadia pindah di Pasar PKL.

"Dinas Perdagangan minta tolong dilengkapi fasilitas yang ada di sana, seperti air bersih, lokasi berjualan dan listrik. Agar pedagang yang pindah nanti bisa beraktivitas dengan nyaman," ungkapnya.

Dia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk mengatur pengangkutan sampah jika pembongkaran sayur telah dilakukan di Pasar PKL.

Baca Juga: Pedagang Kali Kadia Merasa Seperti Sapi Perah Pemkot Kendari

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Kendari Alda Kesutan Lapae menjelaskan, saat ini Pasar PKL masih bisa menampung sekira 100-an pedagang dari kawasan Kali Kadia. Pasar ini juga memiliki lapangan parkir yang luas, cukup untuk bongkar sayur seperti yang direncanakan Pj Wali Kota Kendari.

"Sekarang kendala yang dihadapi di sana (Pasar PKL) listriknya selalu padam, termasuk penambahan sumber air untuk menyuplai kebutuhan pedagang," ungkapnya.

Selain Pasar PKL untuk pedagang buah dan kuliner, para pedagang di kawasan Kali Kadia akan dipindahkan di beberapa lokasi di antaranya, pedagang sembako di Pasar Wayong Kadia, pedagang unggas dan ikan di Pasar Punggolaka dan pedagang tanaman hias di Kelurahan Talia sekitar Jembatan Bungkutoko. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga