Pekande-kandea, Sajian Penutup Festival Teluk Pasarwajo Buton

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
Pekande-kandea, Sajian Penutup Festival Teluk Pasarwajo Buton
Para peserta Sail to Indonesia mengikuti acara pekande-kandea yang menjadi penutup Festival Teluk Pasarwajo. Foto: Febriyani/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Buton menggelar acara pekande-kandea atau jamuan makan saat penutupan Fesrival Teluk Pasarwajo "

BUTON, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Buton menggelar acara pekande-kandea atau jamuan makan saat penutupan Fesrival Teluk Pasarwajo, Selasa (5/9/2023).

Acara penutupan dirangkaikan dengan penampilan tari kalegoa, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Buton diwakili Asisten III Setda Buton, La Ode Muhidin Mahmud, Forkopimda, Agenci Sail to Indonesia Raymon Lesmana, para Kepala OPD, Wisman, para camat, lurah, kades.

“Hari ini penutupan festival teluk pasarwajo, ini hari terakhir rangkaian kegiatan yang digelar sejak 2-5 September 2023,” ujar La Ode Muhidin Mahmud.

Kata dia, acara penutupan festival ini sengaja dirangkaikan dengan acara pekande-kandea untuk memperlihatkan kepada para wisman, jika di Buton ada acara pekande-kandea sebagai ungkapan rasa syukur saat panen.

Baca Juga: HMI Sumatera Utara Desak Polisi Tangkap Bandar Narkoba GS, Dirnarkoba Angkat Bicara

“Kami bersyukur dengan adanya peserta sail to Indonesia untuk menyampaikan infomasi kepada warga di negaranya agar berkunjung ke Buton,” ujarnya.

Kepada Kadis Pariwisata Buton diucapkannya terimakasih, kegiatan itu dinilai sukses, hingga menghadirkan turis di Kabupaten Buton diharap tahun depan dapat digelar kembali.

“Dengan mengucapkan bismillah hirrohmanirahim, saya menutup acara festival ini, semoga bertemu kembali di tahun depan,” tutupnya.

Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi mengatakan, para peserta Sail to Indonesia merasa bersyukur angin membawa mereka ke pulau Buton. Peserta Sail to Indonesia sangat puas dengan jamuan yang disugguhkan.

"Kami bersyukur acara ini telah selesai, dan para peserta Sail to Indonesia sangat bersyukur menginjakan kaki di tanah Buton ini," jelasnya.

Pada penutupan acara, dirangkaikan dengan pembacaan para pemenang lomba dirangakain Festival Teluk Pasarwajo. Berikut pemenang lomba:

Lomba mewarnai

Juara 1 rafka azril firmansyaj 1212

Juara 2 Wa Ode Nur Alifa Arga 1203

Juara 3  Ayu Hanum 1174

Juara 4 ikram Sarif u 1170

Juara 5 Naisila Fzlisia Eftian 1123

Juara 6  Almera Ayuninda 1118

Lomba permainan tradisional bakiak

Juara 1 SMPN 7 Buton

Juara 2 SMPN 8 Buton

Juara 4 Wasampela

Baca Juga: Pemkab Konawe Terima Kunjungan Kejati Sulawesi Tenggara

Lomba baju adat posuo

Juara 1 Astuti

Juara 2 Jio Kusnaya

Juara 3 Kesya Latifa Azhara

Juara 4 Wa Ode Jasinta

Juara 5 Waode Fida Mawarni

Juara 6 Salsa Masruddin

Baju adat tandaki

Juara 1 La Ode Muh Riskullah

Juara 2 La Ode Fadliansyah

Juara 3 Aldi. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga