Pelabuhan Feri Lagasa-Pure Mulai Direhabilitasi

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 13 Juli 2021
0 dilihat
Pelabuhan Feri Lagasa-Pure Mulai Direhabilitasi
Kadishub Muna, La Ode Nifaki Tos meninjau perbaikan pelabuhan feri Pure. Foto: Sunaryo/Telisik

" Fasilitas yang telah mengalami kerusakan direhabilitasi. Anggaran yang dikucurkan pun mencapai miliaran rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas yang ada di pelabuhan penyeberangan feri Lagasa-Pure.

Fasilitas yang telah mengalami kerusakan direhabilitasi. Anggaran yang dikucurkan pun mencapai miliaran rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Adapun item kegitatan meliputi, rehabilitasi Movable Bridge (MB) masing-masing pelabuhan, anggarannya sebesar Rp 285 juta.

Kemudian, rehabilitasi gedung pelabuhan Lagasa dan Pure masing-masing sebesar Rp 950 juta, rehabilitasi jalan lingkungan dan area parkir pelabuhan Pure Rp 2,5 miliar, penyangga jembatan (trestle) Pure Rp 475 juta, dan rehabilitasi jalan lintasan pelabuhan Pure Rp 475 juta.

Baca Juga: Manfaatkan Sampah Sisa Makanan Jadi Pupuk Kompos

Baca Juga: Dinas Sosial Butur Serahkan Bantuan Pada Korban Kapal

"Total anggaran kurang lebih Rp 7 miliar," kata Nifaki, Selasa (13/7/2021).

Tahun ini total DAK yang berhasil diperoleh sebesar Rp 10,5 miliar. Sisa dana dari rehabilitasi pelabuhan feri Lagasa-Pure dialokasikan untuk pembangunan dermaga rakyat Wakorumba Selatan (Wakorsel) sebesar Rp 1,9 miliar, pengadaan mobil pick up angkutan pedesaan Rp 485 juta dan kapal berpasitas 20 GT sebesar Rp 1,1 miliar.

"Kegiatan ada yang sudah berjalan dan ada dalam proses tender," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga