Ratusan Hektare Sawah dan Puluhan Rumah di Kolaka Timur Terendam Banjir

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Ratusan Hektare Sawah dan Puluhan Rumah di Kolaka Timur Terendam Banjir
Akibat curah hujan dan meluapnya air sungai mengakibatkan puluhan rumah dan ratusan hektare sawah serta jalan terendam banjir. Foto: Ist.

" Puluhan rumah dan ratusan hektare sawah serta akses jalan di Kolaka Timur tergenang air "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Akibat meluapnya air sungai serta hujan deras sejak Rabu (12/7/2023) hingga Kamis (13/7/2022) dini hari di Kecamatan Mowewe, Kolaka Timur, mengakibatkan puluhan rumah dan ratusan hektare sawah serta akses jalan tergenang air.

Kapolsek Mowewe, AKP Ridwan S.H mengatakan, banjir ini juga diakibatkan karena posisi Kelurahan Horodopi yang agak rendah dibanding desa/kelurahan lainnya.

Selain itu, lanjut Kapolsek, juga ada pendangkalan aliran sungai, dan berdasarkan informasi dari Lurah Horodopi bahwa aliran sungai di kilometer 25 Kelurahan Horodopi agak tersendat karena ada bongkahan batu besar di tengah sungai yang menghalangi kelancaran aliran air.

"Sehingga apabila hujan intensitas tinggi berpotensi banjir," ungkapnya.

Kapolsek mengungkap terdapat ratusan hektare sawah yang belum panen terendam banjir yang berpotensi mengakibatkan gagal panen bila banjir berkelanjutan, serta jalan poros sepanjang 50 meter terendah.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kabupaten Kolaka Timur Terendam Banjir

"Ada juga pohon yang tumbang di tengah jalan poros sehingga kurang lebih 30 menit kendaraan tidak bisa melintas, untuk ketinggian banjir mencapai setengah meter," jelasnya.

Kapolsek menjelaskan, kondisi saat ini air belum surut sepenuhnya sehingga pihaknya belum bisa memastikan kondisi tanaman padi.

Kapolsek mengimbau kepada warga dengan situasi cuaca beberapa hari terakhir ini dengan hujan intensitas tinggi, agar tetap berhati-hati dan siap siaga untuk sama-sama memantau perkembangan situasi agar bisa meminimalisir potensi kerugian, baik korban manusia maupun materil.

"Akibat kejadian ini terkait kerugian yang ditimbulkan, saat ini masih di lapangan untuk memantau dan berkoordinasi dengan Lurah Horodopi dan Kades Watupute," pungkasnya.

Baca Juga: Sungai Lampaku Meluap, Puluhan Rumah Warga Kebanjiran

Sementara itu, salah satu masyarakat sekitar Misra mengatakan, banjir ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Mowewe, tetapi sudah beberapa kali terjadi.

"Ini sudah berulang mi banjir, kalau hujan deras pasti banjir," tuturnya.

Ia berharap agar pemerintah daerah dapat segera mengatasi permasalahan banjir ini, agar padi yang belum panen dapat terselamatkan. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga