Pelaku Curas IRT Akhirnya Dibekuk Resmob Polsek Panakukkang

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
Pelaku Curas IRT Akhirnya Dibekuk Resmob Polsek Panakukkang
Pelaku Curas yang viral di media sosial, akhirnya diringkus Resmob Polsek Panakkukang dibantu dengan Resmob Polda Sulsel. Foto: Ist.

" Terpaksa kita tindak tegas, melawan petugas saat hendak diamankan. Kalau pelaku lainnya masih dalam pengejaran, itu yang berperan sebagai joki. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang viral di media sosial, akhirnya diringkus Reserse Mobile (Resmob) Polsek Panakkukang dibantu dengan Resmob Polda Sulsel.

Pelaku yakni Algazali alias Alga. Pria 18 tahun itu diringkus polisi di tempat persembunyiannya di Jalan Kandea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Kamis (21/1/2021) lalu.

Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Fatur Rakhman mengatakan, Alga merupakan pelaku utama atau eksekutor yang sempat ingin merampas barang milik korban.

"Iya sudah kita amankan, ini pelaku yang terekam CCTV itu melakukan curas terhadap ibu-ibu. Iya korban sempat luka di bagian tangan akibat senjata tajamnya ini," kata Jamal saat di konfirmasi, Sabtu (23/01/2021).

Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa senjata tajam yang dipakai Alga saat beraksi.

"Barang bukti ada parang dan kendaraan roda dua yang dipakai beraksi pelaku," ucapnya.

Lanjut Jamal, Alga terpaksa dilumpuhkan lantaran saat hendak diamankan, ia mencoba melakukan perlawanan dan melarikan diri.

"Terpaksa kita tindak tegas, melawan petugas saat hendak diamankan. Kalau pelaku lainnya masih dalam pengejaran, itu yang berperan sebagai joki," jelas mantan Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar ini.

Baca juga: Rumah Karaoke di Surabaya Disegel Usai Beroperasi Saat PPKM

Lanjut alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2005 itu, pelaku kini sudah berada di ruang sel tahanan Mapolsek Panakkukang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Sebelumnya, aksi kawanan begal bersenjata parang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terekam kamera pengintai atau CCTV dan kini viral di media sosial.

Video rekaman CCTV aksi bejat pembegalan tersebut pertama kali diunggah akun instagram @info_kejadian_makassar, pada Kamis (7/1/2021) malam lalu.

"Dua orang pelaku perampokan dengan menggunakan senjata tajam beraksi di daerah Panakkukang tepatnya di Jalan Meranti, Makassar, Rabu malam, 6 Januari 2021, sekitar pukul 23:30 Wita," tulis keterangan akun media sosial itu.

Postingan itu pun menuai banyak komentar negatif oleh warganet. Pasalnya, korban pembegalan itu merupakan seorang perempuan.

Rekaman CCTV menunjukkan, korban kemungkinan sudah dibuntuti pelaku hingga sampai di depan rumahnya. Saat hendak turun dari kendaraannya, pelaku begal langsung memutar balik motor, kemudian satu orang turun dari motor, langsung mendekati korban.

Tanpa pikir panjang, pria itu pun langsung mengeluarkan sebuah senjata tajam jenis parang. Sedangkan pria satunya menunggu di atas motor, korban pun melakukan perlawanan sehingga pelaku gagal dalam aksinya. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga