Pembangunan Balai Kota Kendari, Area Parkir dan Mall Pelayanan Rampung Tahun Ini

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 25 Juni 2021
0 dilihat
Pembangunan Balai Kota Kendari, Area Parkir dan Mall Pelayanan Rampung Tahun Ini
Desain gedung Balai Kota Kendari. Foto: Ist.

" Progres pembangunan gedung Balai Kota Kendari sudah mencapai 30 persen. "

KENDARI, TELISIK.ID - Progres pembangunan gedung Balai Kota Kendari sudah mencapai 30 persen.

Hadirnya gedung 12 lantai itu diharapkan bisa menopang kinerja Aparatur Sipil Negera (ASN) sekaligus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menyambut baik progres pembangunan gedung Balai Kota saat ini. Ia mengaku tengah mengebut pengerjaannya. Itu dilakukan lantaran pembangunannya sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, akibat refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 Kota Kendari sehingga berdampak pada penganggarannya.

Kendati demikian, Sulkarnain optimis bisa merampungkan pembangunannya sehingga gedung Balai Kota bisa digunakan tahun ini.

"Paling tidak nanti (akhir 2021) Mall Pelayanan (gedung podium) sudah bisa kita fungsikan sehingga bisa melayani masyarakat yang ingin berurusan dengan pemerintah," tuturnya.

Meski dibangun di tengah keterbatasan anggaran, Sulkarnain menekankan kepada kontrtaktor (penangung jawab pembangunan) agar mengutamakan profesionalitas dan kualitas dalam bekerja sehingga bangunan yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi dan rencana, sehingga bisa dimanfaatkan dalam kurun waktu yang lama.

Terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kendari, Aswido mengungkapkan, Balai Kota Kendari terdiri dari tiga bagian utama, yakni gedung parkir, podium dan tower. Sejauh ini, pihaknya tengah menggenjot pembangunan gedung parkir dan podium. Pasalnya, dua bagian itu akan segera digunakan pada akhir tahun ini.

Baca juga: Workshop Kepemimpinan, Ciptakan Pejabat Berkualitas

Baca juga: 600 KK di Kendari Langganan Banjir, Dewan Tawarkan Pembuatan Kanal

Gedung parkir terdiri atas tiga lantai, rinciannya dua lantai basement untuk parkiran yang bisa menampung 207 mobil, 1 lantai dasar untuk area komersil dan perpustakaan serta parkiran yang bisa menampung sekira 18 mobil dan 677 unit motor. Sementara bagian roof top gedung parkir bakal dijadikan sebagai tempat upacara.

Sementara untuk podium terdiri dari lima lantai. Lantai dasar bakal digunakan sebagai mall pelayanan. Sisanya 4 lantai diperuntukkan sebagai Sekretariat Pemkot Kendari yang meliputi ruang kerja wali kota dan perangkatnya.

"Kalau tower-nya juga akan kita rampungkan setelah dua bagian utama kita selesaikan. Intinya semuanya akan tuntas tahun depan (2022)," kata Aswido.

Balai Kota Hadirkan Mall Pelayanan Publik

Di lantai satu (mall pelayanan) untuk instansi Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta pelayanan publik lainnya.

Kemudian di lantai satu juga akan dibangun loket-loket pendukung, misalnya layanan SIM Polres, Dispenda Provinsi, Samsat, BPN, akan dibuka di sini.

Dengan adanya mall pelayanan publik dengan lokasi terpusat, akan memudahkan masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen administrasi publik. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga