Pembangunan Dikontrol Melalui Aplikasi E-Pengendalian dan Simonela

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Pembangunan Dikontrol Melalui Aplikasi E-Pengendalian dan Simonela
Launching dan pelatihan aplikasi E-Pembangunan dan Simonela Kabupaten Kolaka Timur oleh Sekda. Foto: Ist.

" Proses pembangunan di Kolaka Timur akan dikontrol melalui aplikasi E-Pengendalian dan Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Lapangan atau Simonela "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Proses pembangunan di Kolaka Timur akan dikontrol melalui aplikasi E-Pengendalian dan Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Lapangan atau Simonela.

Penerapan aplikasi ini ditandai dengan pelatihan serta launching aplikasi E-Pengendalian dan Simonela, Senin (6/3/2023) malam di Kota Kendari.

Sekda Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa mengaku bangga dengan aplikasi ini, karena menjadikan Kolaka Timur sebagai daerah pertama di Sulawesi Tenggara yang menerapkannya.

"Ini adalah semangat dan bukti nyata bahwa kita semua ingin memastikan jika Pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur ke depannya bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Ia juga menuturkan, peluncuran aplikasi dilakukan agar pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa sama-sama dipercepat, dan bisa menjadi semangat baru dalam menjalankan pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur.

Baca Juga:  Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Kolaka Timur Bangun Pasar Rakyat

"Melalui semangat menyukseskan program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat Kolaka Timur dengan akronim Gemas Koltim," tambahnya.

Sekda menyebut, aplikasi e-Pembangunan ini, merupakan suatu sistem untuk mengontrol kemajuan dari pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari APBD, berupa progres fisik dan keuangan, yang terjadi pada satu tahun anggaran, dengan berbasis online.

Pelaksanaan launching dan pelatihan aplikasi E-Pembangunan dan Simonela Kabupaten Kolaka Timur 

 

Sedangkan Simonela sendiri, sebagai alat bantu untuk menginput data monitoring lapangan, dan penyajian data dengan menggunakan unsur data spasial, mengontrol kemajuan dari pelaksanaan kegiatan fisik atau konstruksi dan pengadaan yang bersumber dana dari APBD Kolaka Timur.

Sehingga nantinya, dapat terwujud database infrastruktur di Kolaka Timur yang terdokumentasi dengan baik dan akuntabel.

"Sehingga kedepannya, kedua aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk kebijakan perencanaan pembangunan dan pertanggungjawaban pemerintah daerah," tutupnya.

Sedangkan Kabag Administrasi Pembangunan, Irmansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan mewujudkan kepatuhan dan ketaatan Pemda Kolaka Timur terhadap Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga: Harga Beras di Labuan Bajo Bervariasi Jelang Puasa, Ada yang Naik Tajam

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan sumber daya aparatur dalam menjalankan fungsi pengendalian pelaksanaan anggaran dan kegiatan barang jasa di lingkup Pemda Kolaka Timur.

"Agar terdokumentasi secara transparan, hingga terbentuknya basis data pembangunan daerah yang valid dan akuntabel," tambahnya.

Kegiatan dihadiri sejumlah pejabat dan staf lingkup Pemda Kolaka Timur. Aplikasi ini merupakan produk yang dihasilkan melalui Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga