Pemda Bombana Dorong Penggunaan Dana Desa 2024 untuk Kemiskinan Ekstrem

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Pemda Bombana Dorong Penggunaan Dana Desa 2024 untuk Kemiskinan Ekstrem
Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto dalam evaluasi dana desa tahun 2024. Foto: Ist.

" Evaluasi pelaksanaan APBDes dan penyelenggaraan arah kebijakan pemerintah desa tahun 2024 diselenggarakan, Rabu (27/12/2023), di Aula Kantor Bupati Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Evaluasi pelaksanaan APBDes dan penyelenggaraan arah kebijakan pemerintah desa tahun 2024 diselenggarakan, Rabu (27/12/2023), di Aula Kantor Bupati Bombana.

Evaluasi tersebut untuk menyamakan persepsi antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa terkait penyelarasan kebijakan pembangunan pemerintah, termasuk isu-isu strategis saat ini.

Rapat evaluasi dihadiri oleh para kepala desa, ketua BKD, beberapa OPD dan juga camat se-Kabupaten Bombana.

Baca Juga: Lukman Abunawas Center Gelar Baksos Kesehatan di Bombana

Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto menekankan kepada pemerintah desa dan BPD mengenai keterlambatan penetapan APBDes yang sangat berdampak dan berpengaruh terhadap laju pembangunan, juga pemenuhan prioritas penggunaan dana desa.

Edy mengharapkan, keterbukaan informasi publik mengenai anggaran desa agar masyarakat mengetahui penggunaan anggaran untuk memastikan tidak terdapat praktik korupsi.

"Saya mengharapkan kepala-kepala desa jangan sungkan untuk datang dan memberitahu mengenai masalah yang tengah dihadapi dalam pelaksaan program-program yang ada," cetus Edy.

Edy menjelaskan, prioritas pembangunan dana desa tahun 2024 adalah pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi berdasarkan dengan Peraturan Menteri Desa.

Pj Bupati Bombana menekankan, desa yang sudah mencapai status desa mandiri, maju dan berkembang agar tetap dipertahankan, sedangkan untuk desa dengan kategori tertinggal agar Kadis PMD dan OPD terkait agar memfasilitasi dan menemukan permasalahan yang dihadapi, serta mencari solusi terbaik dalam pemecahan masalah tersebut.

Dinas PMD Kabupaten Bombana juga memberikan pembinaan secara langsung terhadap kepala desa terkait persiapan dan langkah-langkah dalam menyelenggarakan pemerintah desa, dan permasalahan teknis di lapangan untuk dicarikan solusi terbaik sesuai peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Pemda Bombana Pastikan Keamanan Jelang Nataru

"Dengan adanya kegiatan ini kepala desa  mampu bersinergi dan berkomitmen dengan pemerintah dalam mewujudkan desa menuju Bombana madani yang unggul dan berkelanjutan," tandas Kadis PMD, Hadi Raharjo.

Pj Bupati Bombana mengimbau agar menjelang Pemilu 2024 dapat berjalan kondusif dan menjaga persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah.

"ASN harus netral dan menjadi contoh dan teladan di masyarakat, termasuk para camat, lurah dan kades," tandas Edy. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga