Pemda Bombana Luncurkan Aplikasi RUMBIA KEREN

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
0 dilihat
Pemda Bombana Luncurkan Aplikasi RUMBIA KEREN
Pemda Bombana melalui Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bombana meluncurkan aplikasi RUMBIA KEREN. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Statistik Kabupaten Bombana, terus melakukan gerakan pembangunan informasi berbasis ITE dengan meluncurkan aplikasi Rumah Rumbia "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Statistik Kabupaten Bombana, terus melakukan gerakan pembangunan informasi berbasis ITE dengan meluncurkan aplikasi Rumah Rumbia.

Kabupaten Bombana meresmikan aplikasi sistem informasi yang mudah diakses melalui media eletronik.

Setelah melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Rumah Publikasi dan Informasi Kegiatan Pemerintah Kabupaten Bombana (RUMBIA KEREN) yang dihadiri oleh Sekda Bombana, Man Arfa dan seluruh admin OPD, sebagai tindak lanjut dari RUMBIA KEREN yang sejalan dengan hasil analisis menggunakan Aktual, Problematik, Kekhalayakan, Kelayakan (APKL).

Baca Juga: Alasan Tata Ibu Kota Bombana, Penjual Sembako Pasar Sore Distop

Isu atau masalah yang memiliki pengaruh paling signifikan serta layak untuk  diselesaikan yaitu minimnya informasi publik terkait kegiatan atau program kerja pemerintah daerah.

Sehingga, menurut Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco melalui proyek perubahan RUMBIA KEREN diharapkan bisa menjawab isu aktual tersebut.

"RUMBIA KEREN merupakan suatu produk aplikasi atau software yang nantinya akan terhubung dengan web resmi Pemerintah Kabupaten Bombana atau dapat diakses pada link http://rumbiakeren.bombanakab.go.id," ucapnya, Selasa (27/9/2022).

Pada aplikasi tersebut, akan memberikan informasi publik terkait kegiatan pemerintah daerah yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemda Bombana.

Baca Juga: Ganti Uang Perjalanan Dinas di Setda Muna Barat Rp 5,2 M, Sekda Diduga Belum Tindaki Temuan

Proyek perubahan RUMBIA KEREN ini memiliki sedikit kemiripan dengan aplikasi atau software Koran Digital Kite (KONDITE) yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pangkal Pinang. Namun, KONDITE berfokus pada publikasi berita secara umum sedangkan aplikasi atau software RUMBIA KEREN akan berfokus pada publikasi kegiatan pada Pemda Bombana.

Tasya Apriana, Tim Afektif Proper RUMBIA KEREN mengatakan, semua OPD akan dijadikan sebagai admin untuk mempermudah publikasi kegiatan pemerintah daerah.

"Nanti admin induknya yakni di Kominfo akan menyetujui dan bisa diakses oleh publik dengan mudah. Ini bisa membantu  masyarakat dalam mencari informasi tentang program dan kinerja pemerintah daerah," jelasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga