Pemda Kolaka Timur Luncurkan Gerakan Pangan Murah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Luncurkan Gerakan Pangan Murah
Pemda Kolaka Timur launcing gerakan pasar murah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan, Pemda Kolaka Timur gelar pasar murah, di Lapangan Nur Latamoro, Kelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan, Pemda Kolaka Timur gelar pasar murah, di Lapangan Nur Latamoro, Kelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta, Senin (26/6/2023).

Sekertaris Daerah Kolaka Timur, Muh Andi Iqbal Tongasa menyampaikan, salah satu hal yang paling mendasar dalam kehidupan kita adalah masalah pangan.

Ia mengatakan, permasalahan pangan berdampak sangat luas apabila terjadi ketidakstabilan ketersediaan pangan, sehingga dapat menimbulkan gejolak di masyarakat.

"Olehnya itu, berbagai upaya dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan komoditas pangan," jelasnya.

Baca Juga: Ratusan PPPK Kesehatan di Kolaka Timur Terima SK Pengangkatan

Sekda menuturkan, dalam rangka stabilisasi pasokan dan serta pengendalian inflasi tahun 2023, Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional (BPN) yang bekerjasama dengan pemerintah daerah melakukan langkah-langkah aksi di lapangan, antara lain melalui kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui gerakan pangan murah (SPHP-GPM).

Sekda menambahkan, pasar murah diprioritaskan di lokasi barometer inflasi, dan wilayah-wilayah yang melalui gangguan dan gejolak pasokan dan harga pangan.

"Agar pelaksanaan kegiatan lebih optimal, SPHP-GPM perlu melibatkan stakeholder terkait seperti Perum Bulog, id food, petani/poktan/gapoktan/distributor/asosiasi dan pelaku usaha pangan lainnya serta dinas atau instansi terkait," ujarnya.

Lanjut Sekda, berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Satgas Pangan Kolaka Timur melaui Dinas Ketahanan Pangan, dari dua titik pantau yaitu pasar tirawuta dan pasar ladongi, menunjukkan harga 11 bahan pokok di Kolaka Timur, ada beberapa yang mengalami lonjakan kenaikan harga yang cukup signifikan.

"Lonjakan harga pangan di beberapa bahan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dampak pasca kenaikan harga BBM, kenaikan biaya angkutan laut dan biaya transportasi dari komoditas pangan, serta adanya kelangkaan beberapa komoditas pangan menghadapi hari besar keagamaan yaitu hari raya Idhul Adha 1444 H," pungkasnya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Segera Adakan Mobil Jenazah

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Timur, Idarwaty mengatakan, salah satu kegiatan pemda dalam menekan laju inflasi, adalah membentuk tim satuan tugas ketahanan pangan dan pelaksanaan gerakan pangan murah (GPM).

"GPM melibatkan beberapa stakeholder dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga," jelasnya.

Ia berharap, semua yang terlibat dalam pasar murah dapat menenangkan terjadinya panic buying dan memastikan bersinergi maksimal untuk melakukan yang masyarakat bisa.

"Kehadiran pemerintah di tengah kesulitan melalui beberapa intervensi yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang akan dirasakan langsung oleh masyarakat terdampak," ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga