Pemda Konawe Bakal Bangun Pemecah Gelombang di Desa Saponda dan Bokori

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 10 Desember 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Bakal Bangun Pemecah Gelombang di Desa Saponda dan Bokori
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba saat kunjungan kerja di Desa Saponda dan bakal bangun pemecah gelombang. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Konawe bakal membangun pemecah gelombang di Desa Saponda dan Desa Bokori, Kecamatan Soropia sebagai antisipasi abrasi pantai "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemda Konawe bakal membangun pemecah gelombang di Desa Saponda dan Desa Bokori, Kecamatan Soropia sebagai antisipasi abrasi pantai.

Hal tersebut diungkap saat Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Soropia beberapa waktu lalu, Harmin Ramba mengatakan, permasalahan yang paling mendasar di Desa Bokori adalah terkait abrasi pantai karena kawasan perumahan yang berada di pantai.

Harmin juga menjelaskan, infrastruktur yang sangat perlu dibangun di Desa Bokori ini adalah pemecah gelombang dan taluk gelombang guna mencegah abrasi pantai.

Baca Juga: Pemda Konawe Bangun 15 Titik V-sat Akses Internet di Kecamatan Soropia

Harmin mengungkap, pihaknya telah memerintahkan dinas terkait meninjau terlebih dahulu terkait kewenangan pembangunan untuk pemecah gelombang di pesisir pantai Desa Bokori dan Saponda.

"Karena biasanya kita ini terkendala izin entah itu kewenangan provinsi, atau pusat," jelasnya.

Berbicara tentang kewenangan terkait pemecah gelombang jarak 0 Kilometer dari pesisir pantai itu sudah kewenangan provinsi, dan 12 Mil selanjutnya sudah kewenangan pusat.

Baca Juga: Pemda Konawe Raih Peringkat Tiga Terbaik Pengelola DAK Fisik 2023

"Tetapi kalau hanya masalah Taluk insyaallah kita tangani," ujarnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja salah satu masyarakat Desa Bokori, mengeluhkan abrasi pantai yang terus terjadi di area perumahan masyarakat.

"Kalau bisa pak bupati kita dibangunkan pemecah gelombang 200 meter saja," ucap warga. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga