Pemda Konawe Bakal Dapat Insentif Atas Penghargaan EPPD Kemendagri

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 25 April 2024
0 dilihat
Pemda Konawe Bakal Dapat Insentif Atas Penghargaan EPPD Kemendagri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Kiri) dan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (Kanan) saat penyerahan penghargaan EPPD. Foto: Ist.

" Pj Bupai Konawe, Harmin Ramba menerima penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pj Bupai Konawe, Harmin Ramba menerima penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemberian penghargaan itu dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Titto Karnavian pada Kamis (25/4/2024), di Balai Kota Surabaya dalam rangkaian puncak peringatan hari otonomi daerah XXVIII.

EPPD sendiri merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka menilai kinerja penyelenggaran pemerintahan. Hal ini termasuk juga dalam penilaian atas pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Baca Juga: Pendaftaran PPK di Kota Baubau hingga 29 April, Ini Syaratnya

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, penghargaan tersebut adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kepala daerah.

Pasalnya, kata Harmin Ramba, karena di dalam penghargaan tersebut terdapat insentif yang cukup besar yang diberikan kepada daerah melalui prestasi kepala daerah berkinerja tinggi.

"Kalau nda salah, kurang lebih Rp 29 miliar. Dananya masuk tahun ini sambil menunggu juknis. Itu luar biasa, karena sangat dibutuhkan untuk pembangunan di Konawe," ujar Harmin.

Nantinya, jelas Harmin, melalui dana itu akan dialokasikan pada program pembangunan yang sudah direncanakan. Misalnya, dalam upaya menekan inflasi, mengatasi kemiskinan ekstrem dan mencegah stunting.

"Ini program utama yang kita utamakan. Selain itu, kita akan memperbaiki birokrasi, tata kelola peemerintahan. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur yang menunjang sektor pertanian, sumber daya air dan tiga program yang disebutkan tadi," paparnya.

Baca Juga: Kronologi Wanita Tewas Hanyut Terbawa Arus Sungai di Kolaka

Harmin juga menuturkan, jika prestasi yang diraih saat ini tidak lepas dari baiknya kemampuan sistem pemerintahan yang telah dijalankan sesuai dengan mekanisme.

Ia berharap, kedepan dapat mencari sumber-sumber anggaran dari luar, sehingga tidak terlalu membebani APBD dalam menjalankan pembangunan.

"Kita target pembangunan jalan yang sudah direncanakan mendapat sumber anggaran dari APBN," tukasnya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga