Pemda Konawe Salurkan Air Bersih ke Warga Kecamatan Laonggasumeeto

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 15 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Salurkan Air Bersih ke Warga Kecamatan Laonggasumeeto
Damkar Konawe saat menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, terus lakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi dampak Elnino yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang masih akan terjadi hingga akhir 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, terus lakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi dampak Elnino yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang masih akan terjadi hingga akhir 2023.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Konawe melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) juga BPBD, yakni menyalurkan air bersih di dua kecamatan yang mengalami kekurangan air bersih.

"Kami menyalurkan air bersih kepada warga Kecamatan Soropia dan Lalonggasumeeto," ungkap Kabid Damkar Konawe, Puguh Sudarijono, Minggu (15/10/2023).

Ia menyebut, pihaknya mendistribusikan air bersih dengan cara bergilir dan hari ini pihaknya menyalurkan di Kecamatan Lalonggasumeto.

Baca Juga: Pemda Konawe Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

"Ini disalurkan secara bergilir. Karena armada juga cuma satu, jadi kita buat jadwal hari ini  Lalonggasumeto dan besoknya di Kecamatan Soropia," ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk sumber air bersih yang akan disalurkan diambil dari PDAM dengan satu kali trip air bersih yang disalurkan sebanyak 5.500 liter.

Kabid Damkar juga menyebut, tercatat sudah 8 desa yang ada dalam tanggap darurat yang terdampak Elnino.

"Kecamatan Soropia itu Desa Bajo, Bajo Indah, Leppe, untuk Kecamatan Lalonggasumeeto, Desa Lalobonda, Desa Bumi Indah, Desa Lalonggasumeeto, Desa Tolawawo, Desa Puuwonua," terangnya.

Namun, lanjut Puguh untuk Desa Puuwonua hingga hari ini, pihaknya belum menyalurkan air bersih, dikarenakan sumber air masih teratasi di desa tersebut.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam penyaluran air bersih.

"Tanggap daruratnya 14 hari operasi untuk Damkar 10 hari, rata-rata yang kami salurkan, mereka mengambil sumber air dari pengunungan yang sampai hari airnya pada kering semua," katanya.

Sebelumnya, Kasatpol PP Konawe, Agus Suyono menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendistribusian jangka pendek selama 14 hari untuk menanggulangi kekeringan dan kekurangan air bersih sambil menunggu perkembangannya.

Lanjut Agus Suyono, pemda melalui Dinas PU juga telah melakukan survei di beberapa desa untuk membangun sebuah sumur bor dalam menangani kekeringan dan untuk penanggulangan jangka panjangnya.

Baca Juga: Pemda Konawe Terima Bantuan Dana Penanggulangan Bencana Rp 15 Miliar

"Tapi untuk saat ini kita minimalisir dulu dengan melakukan pendistribusian air bersih," jelasnya.

Ia juga mengatakan, dalam penyaluran air bersih ini pihaknya akan menempatkan di beberapa titik di setiap dusun yang berada di desa, kemudian masyarakat bisa mengambil di titik-titik tersebut.

Agus Suyono berharap dengan penyaluran air bersih ini, masyarakat bisa lebih tenang menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidak terpengaruh oleh kekeringan ini.

"Untuk kebutuhan air bersih Insya Allah Pemda Konawe akan terus mensuplai sesuai dengan kebutuhan masyarakat," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga