Pemda Muna Barat Genjot Pembenahan Olahraga

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
Pemda Muna Barat Genjot Pembenahan Olahraga
Pembenahan dalam bidang olahraga mulai digenjot oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Masih kurangnya fasilitas olahraga di Muna Barat membuat pemerintah daerah canangkan pembangunan fasilitas olahraga pada tahun 2023 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masih kurangnya fasilitas olahraga di Muna Barat membuat pemerintah daerah canangkan pembangunan fasilitas olahraga pada tahun 2023.

Pembangunan fasilitas olahraga ini dicanangkan atas permintaan dari beberapa pihak cabang olahraga yang ada di Muna Barat terkait kurangnya fasilitas olahraga, seperti halnya Pengcab Taekwondo, Paulus Djuang berharap agar pemerintah daerah agar menyiapkan fasilitas yang memadai.

"Atlet juga perlu diterjunkan langsung pada event-event terbuka guna menambah pengalaman para atlet," ujarnya, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Anggota DPR RI Hugua ke Buton Utara Sosialisasi Pengawasan Pemilu dan Bahas Pariwisata

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, tahun 2023 pemerintah daerah mulai menyicil pembangunan beberapa fasilitas olahraga, seperti kolam renang, lapangan futsal dan lapangan basket, serta fasilitas lainnya.

"Ini dalam rangka menunjang pembenahan daerah di bidang olahraga," tutur Bahri.

Dikatakannya, Muna Barat saat ini belum maksimal dalam mengikuti event besar olahraga, misalnya pada Porprov beberapa waktu lalu. Pasalnya tidak ada keterlibatan daerah pada beberapa cabor yang dipertandingkan.

Hal ini disebabkan kurangnya fasilitas penunjang pada beberapa cabor tersebut, maka pemerintah daerah akan mendukung semua keperluan dan fasilitas olahraga untuk meningkatkan kualitas atlet ke depannya, serta akan dibentuk cabor-cabor yang belum ada dan akan dipersiapkan untuk ikut event besar sehingga dapat mengisi semua nomor perlombaan.

"Namun untuk capaian Muna Barat sangat luar biasa, mampu menembus posisi ke tujuh dengan 13 cabor yang diikutkan," bebernya.

Sementara itu, untuk cabor yang telah terbentuk akan ditambah fasilitasnya, akan disalurkan melalui bantuan dana hibah yang akan diberikan pada tiap cabor.

Baca Juga: Sedihnya Petani Garam di Manggarai Gagal Panen Selama Setahun

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan desain besar olahraga, pemerintah daerah memberikan bantuan dana hibah kepada cabor dan KONI.

Untuk itu, ia meminta agar masing-masing pengurus cabor untuk mengusulkan dana hibah yang dibutuhkan, meliputi program pembinaan agar sistem terus berkelanjutan, usulan sarana dan prasarana.

"Pemda juga mendukung dana dalam mengikuti event olahraga lainnya di luar Porprov guna menambah pengalaman atlet," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga