Pemda Muna Barat Siapkan Empat Unit Speed Distribusi Logistik Pemilu

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 03 Februari 2024
0 dilihat
Pemda Muna Barat Siapkan Empat Unit Speed Distribusi Logistik Pemilu
Pj Bupati Muna Barat bersama Sekda Muna Barat dan Sekda Sulawesi Tenggara berkunjung ke KPU Muna Barat untuk meninjau persiapan logistik. Foto: Ist.

" Jelang dua pekan pemilu, Pemda Muna Barat menjamin terus dukung KPU dalam menyukseskan pemilu 2024, salah satunya mempersiapkan empat unit speed untuk distribusikan logistik ke wilayah kepulauan "

MUNA BARAT, TELISIK - Jelang dua pekan pemilu, Pemda Muna Barat menjamin terus dukung KPU dalam menyukseskan pemilu 2024, salah satunya mempersiapkan empat unit speed untuk distribusikan logistik ke wilayah kepulauan.

Diketahui, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo bersama Sekda Sulawesi Tenggara berkunjung ke KPU Muna Barat untuk meninjau persiapan logistik.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh KPU Muna Barat dalam menyukseskan Pemilu 2024, khususnya pada saat pendistribusian logistik, terutama pada wilayah kepulauan.

"Kita akan bantu full KPU supaya Pemilu berjalan sukses," ungkapnya, Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga: ASN Muna Berbondong-bondong Ajukan Pindah ke Muna Barat

Untuk pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan ia akan menyiapkan empat unit speed dan perahu besar yang akan terus standby di dermaga wilayah pesisir.

Selanjutnya, ia akan menginstruksikan kepada seluruh jajarannya apabila ada dari pihak KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang akan melakukan pinjam pakai gedung atau fasilitas pemerintah seperti balai desa, gedung serbaguna, gedung sekolah yang ada di setiap desa untuk Keperluan TPS maka harus difasilitasi.

"Apabila membutuhkan fasilitas pemerintah untuk pembuatan TPS silakan digunakan dan kami akan fasilitasi," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio menyampaikan, selain persiapan dan bantuan dari Pemda setempat untuk penyaluran logistik ia juga akan antisipasi potensi bencana alam pada saat pemilu, sehingga pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara.

Termasuk dengan perkiraan cuaca karena untuk mengantisipasi daerah atau lokasi TPS yang berpotensi banjir pada saat hujan.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Optimalkan Pemilu 2024 Aman dari Bencana Alam

"Kita akan terus pantau keadaan cuaca untuk mengantisipasi bencana pada saat pemungutan dan perhitungan surat suara," bebernya.

Sementara itu, Komisioner KPU Muna Barat, Samsul sangat mengapresiasi langkah konkrit yang telah dilakukan Pemda dalam hal pemberian fasilitas Daerah kepada KPU Muna Barat dalam penyaluran logistik, persiapan pemungutan, hingga perhitungan suara.

"Kami menilai bahwa ini keseriusan Pemda dalam menyukseskan Pemilu 2024," ungkapnya.

Dalam menyukseskan Pemilu, kata dia, bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara teknis tetapi dibutuhkan dukungan dari semua stakeholder untuk bersama menyukseskan Pemilu mulai dari Bawaslu, TNI Polri, pemerintah, hingga masyarakat. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga