Pemda Muna Kena Prank Kunjungan Jokowi, Plt Bupati Ngaku Dapat Info dari Dandim

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 26 Maret 2024
0 dilihat
Pemda Muna Kena Prank Kunjungan Jokowi, Plt Bupati Ngaku Dapat Info dari Dandim
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta. Foto: Sunaryo/Telisik

" Rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Muna pada 26 Maret ternyata tidak benar "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Muna pada 26 Maret ternyata tidak benar.

Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta mengakui hal itu. Menurutnya, Presiden Jokowi tidak ada jadwal ke Bumi Sowite. Presiden hanya berkunjung di Sulawesi Tengah.  

"Tidak jadi. Agenda Presiden Jokowi hanya di Sulawesi Tengah," kata Bachrun, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Pabrik di Muna Mulai Beroperasi, Harga Jagung Ditetapkan Rp 4.200 Per Kilogram

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Muna itu mengaku mendapat informasi Jokowi akan berkunjung ke Muna dari Dandim 1416, Letkol Inf Gilles R.B Hogendorp.

"Saya di WA dengan pak dandim. Jadi, karena jalur pengamanan presiden itu dari TNI, pasti saya percaya, makanya kita persiapkan penyambutannya," terangnya.

Sesuai pesan WhatsApp yang dia terima dari dandim itu, ada dua lokasi yang menjadi rencana kunjungan Jokowi yakni, Pasar Sentral Laino, Kecamatan Batalaiworu dan pabrik jagung di Desa Bea, Kecamatan Kabawo.

"Walaupun jadwal kunjungannya belum pasti, kita tetap siapkan lokasinya, meskipun jelek, jangan juga kita pelihatkan," ujarnya.

Baca Juga: Kapolres Dukung Program Jagung, Kajari Muna Ingin Lihat Pabriknya

Rencana kunjungan Jokowi di Muna sejak awal dipastikan tidak mungkin. Karena, pihak keamanan dari TNI/Polri tidak mendapatkan perintah untuk mempersiapkan langkah-langkah pengamanan.

Saat rapat bersama Pemda pada 23 Maret lalu, Pasi Ops Kodim 1416 Muna, Kapten Inf La Ode Munif mengaku, belum mendapat pemberitahuan resmi dari Korem 143 Haluoleo, Kendari terkait rencana kunjungan presiden.

"Pemberitahuan secara resmi belum ada. Kita ketahui, bila ada kunjungan RI 1 atau R 2, cirinya diawali dengan kedatangan Paspampres. Tetapi, saat ini, tidak ada," kata La Ode Munif. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga