Pemda Sultra Segera Bangun Terminal Pariwisata

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 26 November 2019
0 dilihat
Pemda Sultra Segera Bangun Terminal Pariwisata
Rapat Koordinasi seluruh Kepala Dinas Perhubungan kabupaten/kota di kantor Dishub Sultra. Foto : Kiki Kurniawan/Telisik

" Jadi nantinya kita kerjasama dengan kabupaten/kota, mereka yang siapkan lahan nanti kami yang bangun. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar rapat koordinasi terkait pembangunan terminal dan pungutan retribusi di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina mengatakan selama ini Sultra belum memiliki terminal provinsi, sehingga Dishub Sultra merencakan untuk membangun terminal provinsi di seluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra.

"Jadi nantinya kita kerjasama dengan kabupaten/kota, mereka yang siapkan lahan nanti kami yang bangun," ungkap Hado, Selasa (26/11/2019).

Hado juga mengatakan, terminal yang dibangun Dishub Sultra nantinya akan dikelola oleh masing-masing kabupaten/kota dengan catatan bagi hasil.

"Nah bagi hasilnya itu diatur dalam MoU antara bupati dan gubernur," ungkapnya.

Saat ini beberapa terminal yang ada di Sultra telah dioperasikan oleh Dishub Sultra yakni terminal di Baubau dan Kabupaten Kolaka.

"Selama ini kan, penumpang kalau menunggu mobil itu di bawah pohon, nah untuk itulah kami akan membangun terminal Provinsi diseluruh wilayah Sulawesi Tenggara guna memudahkan masyarakat nantinya," ujar Hado.

Lihat Juga: Hikma Sanggala Versus Rektor IAIN Kendari di PTUN Kembali Diskorsing

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Sultra terdapat tiga daerah yang belum memiliki terminal, yakni Kabupaten Wakatobi, Buton Selatan, dan Kabupaten Konawe Kepulauan.

"Seharusnya setiap Kabupaten/Kota memiliki terminal provinsi atau terminal tipe B," ungkap Hado.

Tidak hanya terminal provinsi, Dishub Sultra rencananya akan membangun terminal khusus atau terminal pariwisata di wilayah Bajo Pulau Bokori.

"Setelah terminal pariwisata ini selesai nantinya akan ada kapal-kapal wisata yang mengantar para wisatawan menuju pulau Bokori, Toronipa, Batugong, hingga ke Pulau Labengki," tandasnya.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses bagi para wisatawan. Hado juga berharap dengan dibangunnya terminal provinsi atau terminal khusus ini, dapat memberikan manfaat yang besar baik masyarakat maupun pemerintah.

Rapat yang digelar di Dinas Perhubungan Sultra ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Perhubungan kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Reporter: M3
Editor: Sumarlin

Baca Juga