Pemkab Buton Selatan Sidak Dua Pasar Cegah Inflasi Jelang Idul Fitri

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 31 Maret 2024
0 dilihat
Pemkab Buton Selatan Sidak Dua Pasar Cegah Inflasi Jelang Idul Fitri
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman saat survei harga bawang merah di Pasar Rakyat Bandar Batauga Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Mencegah lonjakan harga menjelang Idul Fitri 1445 H di Buton Selatan, Pj Bupati Buton Selatan melakukan Sidak di Pasar Rakyat Bandar Batauga dan Pasar Rakyat Sampolawa "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Tersisa sepuluh hari lagi menuju Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Lonjakan harga bahan pokok menjadi persoalan serius.

Mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada momentum Idul Fitri 1445 H di wilayah Buton Selatan, La Ode Budiman, Pj Bupati Buton Selatan didampingi oleh Yuniar Budiman Pj. Ketua TP PKK Buton Selatan,  bersama OPD terkait yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Buton Selatan, melakukan Sidak pasar di Pasar Rakyat Bandar Batauga dan Pasar Rakyat Sampolawa.

La Ode Budiman menyebutkan, ada dua tujuan utama sidak pasar pada Minggu (31/3/2024) ini, yakni pertama merupakan salah satu bagian dari memantau harga sembako di pasar yang selalu mengalami kenaikan harga jelang Hari Raya Lebaran yang acap kali menyebabkan terjadinya inflasi.

Baca Juga: Viral Remaja Putri Dianiaya Rekannya di Buton Selatan, Netizen Sebut Perekam Mencoba Memprovokasi

Kedua, masih berkesinambungan dengan tujuan pertama, yang mana secara umum terjadi sedikit perubahan dari jumlah pengunjung khususnya yang ada di Pasar Rakyat Bandar Batauga. Kata dia, karena telah mendekati suasana Hari Raya Idul Fitri sehingga baik pembeli (masyarakat) maupun para pedagang menjadi aktif dalam menjalankan aktivitas transaksi jual beli di pasar.

Terkait dengan harga sembako khususnya di Pasar Rakyat Bandar Batauga masih relatif normal, bahkan ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga jual misalnya seperti bawang merah, tomat, sayur-sayuran,  hingga ikan. Sedangkan untuk komoditas telur ayam terjadi kenaikan harga yang mana saat ini tembus sampai harga Rp 64.000 dari harga awal Rp 60.000 per rak.

Sementara harga komoditas di Pasar Rakyat Sampolawa hampir semua jenis komoditas mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Khususnya pada komoditas ikan oaut rata-rata dijual mulai dari harga Rp 20.000 untuk 6 ekor ikan tuna kecil dan beberapa jenis ikan karang lainnya yang dijual murah.

Pada kesempatan tersebut, La Ode Budiman mengatakan, masih belum bisa dipastikan terkait kenaikan harga beberapa komoditas yang sering terjadi jelang hari Lebaran. Namun pihaknya berjanji untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi, akan rutin dilakukan pemantauan dan pengawasan setiap pekan oleh OPD teknis terkait yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Buton Selatan.

"Yang jelasnya setiap minggu dari TPID rutin melakukan penurunan harga," ungkapnya pada Telisik, Minggu (31/3/2024).

Baca Juga: Segudang Prestasi Sultan Buton ke-40 La Ode Muhammad Izat Manarfa Semasa Hidup

Pada kesempatan sidak di Pasar Rakyat Sampolawa, La Ode Budiman tidak lupa menyapa salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Buton Selatan yang masih berusia remaja namun semangat dan kegigihannya dalam berwirausaha membuat Pj. Bupati Buton Selatan bersimpati dan memberikan dukungan.

Ia menyebutkan, hal seperti itulah yang harus dibantu oleh pemerintah maupun OPD teknis terkait untuk memfasilitasi masyarakat sehingga ekonomi produktif di wilayah Kabupaten Buton Selatan semakin berkembang. Sehingga kata dia, angka kemiskinan ekstrem serta inflasi dapat ditekan dan dihapuskan.

"Terima kasih untuk Bapak La Ode Budiman Pj. Bupati Buton Selatan yang sudah mendukung usaha saya ini," ungkap Wa Yuni pelaku UMKM kerupuk dalam kemasan. (B-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga