Kronologi Bungker Unit Dua PLTU Nii Tanasa Konawe Terbakar

Wahyudin Wahid, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
Kronologi Bungker Unit Dua PLTU Nii Tanasa Konawe Terbakar
Pihak Polsek Lalonggasumeeto bersama tim pemadan kebakaran saat berada di PLTU Nii Tanasa, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Kebakaran di bungker unit dua PLTU Nii Tanasa bermula saat karyawan PLN di PLTU Nii Tanasa hendak melakukan pengisian di bungker unit satu dan dua sekitar pukul 00.00 Wita "

KONAWE, TELISIK.ID - Bungker Unit 2 (dua) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nii Tanasa di Desa Nii Tanasa, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, terbakar pada Rabu (13/9/2023) sekira pukul 00.30 Wita.

Kapolsek Lalonggasumeeto, Ipda Sucipto menceritakan kronologi kebakaran tersebut, bermula saat karyawan PLN di PLTU Nii Tanasa hendak melakukan pengisian di bungker unit satu dan dua sekitar pukul 00.00 Wita.

Setelah itu lanjut Sucipto, sekira pukul 00.35 Wita, terjadi kebakaran di area bungker unit dua yang disebabkan oleh adanya conveyor yang terbakar dari atas, kemudian api turun melalui jalur suplai batu bara.

Petugas bungker, Amor Gegana yang pertama kali melihat kobaran api ini, kemudian melaporkan kejadian tersebut  kepada SPV, Oktavianus Tri.

Baca Juga: PLTU Nii Tanasa Konawe Angkat Bicara Soal Tudingan Pungli Rekrutmen Karyawan

Mendengar hal tersebut, Oktavianus kemudian melaporkannya kepada pihak security. Dengan sigap security langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membantu memadamkan kobaran api.

Sekira pukul 09.00 Wita, Polsek Lalonggasumeeto mendapatkan informasi dari anggota Pam Obvit Polda Sulawesi Tenggara bahwa telah terjadi kebakaran di PLTU Nii Tanasa dan langsung bergerak menuju ke TKP Dipimpin oleh Kapolsek.

Baca Juga: Diduga Pilih Kasih, Warga Tuntut Transparansi Dana CSR Pendidikan PLTU Nii Tanasa Konawe

Tiba di lokasi, Kapolsek Lalonggasumeeto melakukan koordinasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Damkar Kendari tiba di TKP sekira pukul 11.10 Wita, sementara Damkar Konawe tiba di PLTU Nii Tanasa sekira pukul 13.15 Wita.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman memastikan sampai saat ini situasi di kawasan PLTU Nii Tanasa dalam keadaan aman dan terkendali.

Diketahui, api berhasil dipadamkan sekira pukul 14.30 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan kerugian material sementara masih diinventarisir oleh pihak PLTU Nii Tanasa. (B)

Penulis: Wahyudin Wahid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga