Pemkab Konawe Segera Terapkan KTP Digital ke Masyarakat

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe Segera Terapkan KTP Digital ke Masyarakat
Pemkab Konawe mulai menerapkan penggunaan IKD di lingkup ASN. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe, mulai menerapkan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe, mulai menerapkan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital.

Kepala Dinas (Kadis) Capil Konawe, Dema Banda mengatakan, jika progres penerapan IKD sementara dilaksanakan

"Jadi saat ini pemberlakuan IKD, khususnya para pegawai Capil sudah kita laksanakan,"  ungkapnya, Jumat (26/5/2023).

Ia juga menjelaskan untuk tahap berikutnya, penerapan penggunaan IKD akan menyasar ke organisasi perangkat daerah (OPD) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), kemudian masyarakat luas.

Baca Juga: Pemkab Konawe Bakal Renovasi Makam Raja Lakidende dan Rumah Adat Tolaki

Lanjut Dema mengatakan, ASN nantinya bisa juga membantu mensosialisasikan IKD ke masyarakat, terkait jumlah pengguna IKD di Konawe, pihaknya tidak menargetkan hal tersebut, namun akan berupaya melaksanakan perintah sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat.

“Kita tidak ada target sekian persen harus dicapai, yang kita lakukan bahwa IKD harus menyentuh masyarakat,” ungkapnya.

Dema menjelaskan, jika tujuan dari IKD tersebut semata-mata untuk mempermudah layanan dari masyarakat, sebagai pengganti identitas penduduk yang fisik.

Dalam artian, lanjut Dema jika sewaktu-waktu masyarakat lupa bawa KTP, di situlah fungsi IKD, karena berbasis aplikasi dan disimpan di smartphone masyarakat.

"Cara mengaktifkan cukup datang di Capil Konawe, nanti para petugas yang bantu melalui aplikasi serta jangan lupa membawa KTP-nya," pungkasnya.

Melansir dari dukcapil.kemendagri.go.id, digital ID atau IKD menjadi salah satu inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yang sedang hangat dibicarakan dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Konawe Terus Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan SDM

Saat ini Identitas Kependudukan Digital tengah diujicobakan pada pegawai di lingkungan Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kekurangan dan kelebihan Digital ID yang tengah dikembangkan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam pengarahannya di berbagai kesempatan selalu meminta penerapan identitas digital dilakukan dalam beberapa tahap sebelum diterapkan pada masyarakat umum.

“Untuk tahap awal akan diterapkan pada pegawai di lingkungan Disdukcapil kabupaten/kota, selanjutnya pegawai ASN seluruh Indonesia, kemudian mahasiswa dan pelajar,” ungkap Zudan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga