Lebih Cepat dari Target, Jembatan Ngaglik Jatim Mulai Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 18 April 2022
0 dilihat
Lebih Cepat dari Target, Jembatan Ngaglik Jatim Mulai Dioperasikan untuk Mudik Lebaran
Gubernur Jatin, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau jembatan Ngaglik yabg audah difungsikan kembali. Foto: Ist

" Perbaikan jembatan Ngaglik jelang mudik lebaran 2022 akhirnya tuntas. sempat ambruk beberapa waktu yang lalu "

SURABAYA, TELISIK.ID - Perbaikan jembatan Ngaglik jelang mudik lebaran 2022 akhirnya tuntas. Jembatan di kawasan Lamongan tersebut sempat ambruk beberapa waktu, sehingga mengganggu aktivitas transportasi antar kota di Jawa Timur (Jatim).

"Alhamdulillah ternyata revitalisasi jembatan bisa lebih cepat lima hari dari target. Awalnya perkiraan revitalisasi rampung pada H-10 lebaran," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (18/4/2022).

Dikatakannya, saat ini sedang dilakukan uji coba kekuatan jembatan dalam menghadapi lebaran 2022. Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, pembukaan arus lalu lintas mulai hari Minggu kemarin dilakukan setelah loading test atau uji beban.

"Mulai hari Minggu kemarin arus lalu lintas sudah bisa melintasi jembatan Ngaglik dari dua arah," jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Pastikan Kondisi Jalan di Jatim Layak untuk Mudik Lebaran

Dengan selesainya revitalisasi jembatan Ngaglik ini, Khofifah berharap arus lalu lintas maupun arus logistik bisa kembali lancar. Dan ia juga optimistis bahwa rampungnya revitalisasi jembatan ini juga akan mendukung kelancaran arus mudik lebaran masyarakat.

Baca Juga: 20 April Penerbangan Bandara Sugimanuru Berubah, Kartu Vaksin Jadi Syarat Jalan

"Seluruh proses yang terkait dengan pemenuhan logistik bisa diakses lebih cepat karena akses jembatan ini memang sangat vital, saat ini banyak sekali logistik yang harus terpenuhi sebelum lebaran," ujarnya.

Sebelumya diketahui pada Selasa (29/3/2022) pukul 14.00 WIB, terjadi kerusakan pada jembatan Ngaglik Km. Sby. 46+100 yang disebabkan adanya truk gandeng yang melintas dengan muatan berlebih pada ruas jembatan Ngaglik dan mengakibatkan amblesnya jembatan tersebut.

Jembatan Ngaglik menghubungkan antar kabupaten di jalur poros pantura. Yaitu Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya. Sehingga revitalisasinya pun memang sengajak dikebut agar bisa segera selesai. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga