Pemkot Kendari Akan Menata Ratusan Papan Reklame Belum Kantongi Izin

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 02 Juli 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Akan Menata Ratusan Papan Reklame Belum Kantongi Izin
Salah satu papan reklame resmi, yang terletak di depan Mall Mandonga Kendari. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari menemukan 112 papan reklame yang belum mengantongi izin. Temuan ini merupakan hasil evaluasi dan monitoring Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menemukan 112 papan reklame yang belum mengantongi izin. Temuan ini merupakan hasil evaluasi dan monitoring Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari terhadap konstruksi tiang reklame di berbagai lokasi.

Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari, Abdi Prawira, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi menyeluruh. Berdasarkan hasil monitoring tersebut, ditemukan ratusan papan reklame yang belum memiliki Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Pihaknya sudah melayangkan surat teguran kepada vendor-vendor tiang reklame yang ditemukan di tengah jalan, tepi jalan, dan jalan utama.

"Dari 117 tiang reklame yang ada, baru 59 pelaku usaha yang memiliki izin. Sisanya kita harapkan segera mengajukan izin PBG. Jika posisinya tidak sesuai, kami minta agar mereka melakukan pembongkaran secara mandiri," ujar Abdi Prawira, Senin (1/7/2024).

Salah satu reklame yang dipasang semrawut di Kota Kendari. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

 

Menurutnya, langkah ini sebagai bentuk ketegasan pemerintah dalam menertibkan papan reklame yang tidak sesuai aturan.

Baca Juga: 2 Minggu Pasca Badai Papan Reklame Nyaris Tumbang Belum Diperbaiki, Bahayakan Pengguna Jalan

Abdi Prawira menambahkan bahwa kepatuhan pelaku usaha terhadap izin PBG sangat penting. Hal ini tidak hanya mendukung keindahan kota tetapi juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari.

Pemkot Kendari gencarkan penataan papan reklame agar tak semrawut. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

 

“Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan PAD melalui retribusi PBG tiang konstruksi. Terkait pajak reklame dan lainnya, ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lain seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang mengurusnya," jelas Abdi Prawira.

Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari, Abdi Prawira (kiri) menyebut ratusan papan reklame belum kantongi Izin. Foto: Kolase

 

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya diberitakan oleh Telisik.id, Indra, Kepala Bidang Pengujian Teknis, Koordinasi, dan Pengawasan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari, menyatakan bahwa syarat pendirian reklame harus memenuhi beberapa ketentuan.

Baca Juga: Papan Reklame Tumbang Nyaris Timpa Warga

Reklame harus memiliki tinggi yang memadai dan tidak mengganggu keamanan serta kenyamanan pengguna jalan raya.

"Ketika izin dikeluarkan, ada tahapannya. Reklame harus memiliki tinggi minimal yang tidak mengganggu pejalan kaki dan tidak menghalangi pandangan. Kami meminta dokumen-dokumen terkait untuk memastikan. Jika dokumen lengkap, maka kami bisa memverifikasi apakah sudah ada PBG dan KRK-nya. Namun, jika belum, kami akan meminta bukti dokumennya. Terkait tinggi reklame, itu diatur oleh OPD teknis PUPR," jelas Indra, Rabu (13/3/2024).

Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas PUPR terus melakukan pengawasan ketat terhadap keberadaan tiang reklame. Pengawasan ini untuk memastikan bahwa semua reklame yang berdiri sudah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga