Pemkot Kendari Fokus Indahkan Jalan Kota demi Keselamatan Masyarakat

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Fokus Indahkan Jalan Kota demi Keselamatan Masyarakat
Kadis DLHK Paminuddin, saat mengarahkan stafnya di lapangan. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" Penataan jalan di Kota Kendari, salah satunya menata pohon-pohon di pinggir jalan yang membahayakan pengendara, dilakukan Pemkot Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Penataan jalan di Kota Kendari, salah satunya menata pohon-pohon di pinggir jalan yang membahayakan pengendara, dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Rabu (5/6/2024) pagi.

“Hari ini kami menata kota secara keseluruhan, salah satunya menata pohon-pohon yang membahayakan masyarakat, di antaranya pohon-pohon pinggir jalan yang menghalangi pandangan pengendara," kata Kadis DLHK, Paminuddin.

Salah satu pohon yang harus ditebang karena rawan tumbang dan menghalangi pandangan pengendara. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

 

Kolaborasi antara DLHK bersama BPBD Kota Kendari menata seluruh poros jalanan bertujuan menata keindahan kota, agar keberadaannya sesuai dengan fungsi pohon sebagai pelindung, peneduh dan tidak membahayakan masyarakat.

Yang dipangkas hanya pohon-pohon yang menutupi pandangan pengguna jalan, baik itu pejalan kaki maupun pengendara roda dua, tiga dan empat, demi mengantisipasi lebih awal terjadinya bahaya.

Petugas memotong pohon besar yang membahayakan pengendara. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

 

Operasi ini akan dilakukan di seluruh jalan Kota Kendari berdasarkan asesmen tata kota. Yang membahayakan ditebang, sedangkan pohon yang masih harus dipertahankan, hanya dirapikan.

Baca Juga: Evaluasi Pendapatan Asli Daerah, Pj Wali Kota Kendari Minta Kolaborasi Instansi

Baca Juga: Pemkot Kendari Bakal Bentuk Satgas Awasi Pengembang Perumahan

Masyarakat merasa lega dengan penataan sejumlah pohon yang menghalangi pandangan pengendara di Jalan R Suprapto.

Petugas membersihkan sisa-sisa pohon hasil tebangan. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

 

Salah seorang warga, Anna, mengaku sangat mendukung keputusan Pemerintah Kota Kendari melakukan penataan sejumlah jalan.

"Langkah yang diambil oleh Pj Wali Kota Kendari sudah tepat. Mengindahkan jalanan kota sangat tepat, agar kita pengguna jalan merasa aman," tambah warga lainnya, Vira. (A-Adv)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga