Pemkot Kendari Tekankan Siswa Miliki Sertifikat PAUD Sebelum Masuk SD

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Pemkot Kendari Tekankan Siswa Miliki Sertifikat PAUD Sebelum Masuk SD
Pemkot Kendari tekankan siswa harus miliki sertifikat PAUD sebelum masuk SD di Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sebagai wujud menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sejak dini, Pemkot Kendari menerapkan siswa sekolah dasar (SD) memiliki surat keterangan belajar di pendidikan dasar anak usia dini (PAUD) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai wujud menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sejak dini, Pemkot Kendari menerapkan siswa sekolah dasar (SD) memiliki surat keterangan belajar di pendidikan dasar anak usia dini (PAUD).

Hal itu dilakukan dalam sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari Nomor 57 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Wajib PAUD, minimal satu tahun yang dihadiri oleh kepala sekolah jenjang PAUD dan SD.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menuturkan, perwali harus dipahami oleh semua kepala sekolah di Hotel Zahra Kota Kendari.

"Perwali ini paling tidak harus dipahami substansi karena sudah berlaku sejak 2020 lalu," ujarnya di sela-sela sambutannya, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kendari Bekali Panwascam

PAUD merupakan lembaga yang diselenggarakan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, mulai dari usia 3 hingga 5 tahun agar siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya seperti SD. 

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Saemina mengatakan, penerapan aturan tersebut dilakukan secara bertahap sejak penetapan pada 2020 lalu

Ia menekanankan, salah satu syarat penerimaan siswa di jenjang SD harus ada surat keterangan PAUD selama 1 tahun. Ia menyebut usia minimal untuk masuk SD adalah 6 tahun.

"Perwali mulai 2020, jadi jelas setelah terbit perwali tidak begitu langsung diterapkan pelan-pelan," ujarnya usai mensosialisasikan Perwali Nomor 57 Tahun 2020 kepada para kepala sekolah TK/PAUD dan SD se-Kota Kendari.

Saat ini penerapannya telah mencapai 90 persen dan akan terus melakukan sosialisasi agar penerapan dapat merata di seluruh SD di Kota Kendari.

Melansir Nucltriclub.co.id, usia dini merupakan periode emas bagi si kecil karena pada usia ini ia akan mendapatkan stimulasi dan pendidikan secara optimal. 

Pada usia ini, si kecil tidak hanya membutuhkan pembelajaran belajar tentang basic skills juga mengembangkan kemampuan sosial dan pengelolaan emosionalnya. 

Baca Juga: Pemilik Lapak di RTH Jalan Tapak Kuda Kendari Dapat SP2

Selain bermain dan belajar bersama, Anda juga dapat bantu memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut dengan mendaftarkan si kecil  di lembaga PAUD atau playgroup berkualitas. 

Jadi, ia dapat memiliki interaksi yang nyata dengan lingkungan sosialnya bersama teman sebaya, guru, orang tua siswa lain, petugas kebersihan sekolah, dan interaksi sosial lainnya. 

Berikut 10 poin pentingnya pendidikan usia dini di antaranya: meningkatkan antusiasme belajar, melatih ketahanan konsentrasi si kecil, membantu perkembangan otak anak, melatih self-regulation anak, meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan kerja sama.

Melatih kemandirian anak, meningkatkan kepercayaan diri si kecil, menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif, membantu si kecil belajar empati, dan belajar toleransi. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga