Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kendari Bekali Panwascam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kendari Bekali Panwascam
Bawaslu Kota Kendari melakukan pembekalan Panwascam jelang Pemilu 2024. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kendari melakukan rapat koordinasi (rakor) pengawasan peserta pencalonan pemilu "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kendari melakukan rapat koordinasi (rakor) pengawasan peserta pencalonan pemilu, Kamis (24/8/2023).

Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin menyebut, tahapan pemilu tengah berjalan yaitu tahap pengumuman daftar calon sementara (DCS).

Ia juga menambahkan, rapat koordinasi tersebut sendiri untuk membekali Panwascam terkait pengawasan peserta pemilu.

"Kemarin juga berita acara dalam DCS bagian dari objek sengketa, hingga berakhir ternyata tak ada satu parpol pun yang mengajukan sengketa terkait dengan DCS yang telah ditetapkan di Kota Kendari," ujarnya .

Baca Juga: Elektabilitas Naik, Gerindra Optimis Jawara Pemilu 2024

Ia menyebut, Panwascam selaku ujung tombak di lapangan terutama dalam mengawasi semua peserta pemilu. Ia juga melakukan koordinasi internal untuk pengawasan, terutama tahapan pencalonan sembari diberikan pemahaman.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendari, Junaidin Umar mengatakan, pihaknya bersama Bawaslu telah melakukan penandatanganan integritas untuk saling mendukung dalam hal melakukan pengawasan.

"Pemkot berkomitmen akan mendukung penuh penyelenggaraan untuk kelancaran tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024," ungkapnya.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menindak secara tegas apabila terdapat oknum ASN yang tidak netral selama pelaksanaan tahapan pemilu maupun tahapan pemilihan.

"Jika Bawaslu menemukan ada oknum ASN lingkup Pemkot Kendari yang tidak netral, segera dilaporkan dan kita akan menindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan," tambahnya.

Ia juga menyebut jika netralitas ASN di Kota Kendari masih terjaga, dibuktikan dengan belum adanya temuan Bawaslu Kota Kendari terhadap aduan tersebut. Ia berharap, itu merupakan langkah baik, sehingga Kota Kendari bisa mendapat predikat netralitas terbaik.

"Mudah-mudahan kali ini bisa zero (nol)  pelanggaran netralitas ASN, ini harapan kita semua. Apresiasi untuk pemkot yang sudah buat terobosan yang luar biasa," bebernya.

Baca Juga: Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Tenaga Ahli Bawaslu RI, Bahtiar Baital menyebut, penguatan Panwascam adalah sesuatu yang penting karena mereka merupakan garda terdepan guna memastikan pemilu berintegritas.

"Makanya Bawaslu RI dengan kewenangan yang dimiliki, bisa memberikan bimbingan teknis, mensupervisi, konsolidasi," katanya.

Karena pemilu saat ini, masing-masing tahapan berkelindan dan membutuhkan persamaan persepsi dalam memaknai substansi pengawasan.

"Penting bagi kita melakukan penguatan pada mereka, terhadap fungsi pengawasan yang menjadi tugas mereka (Panwascam)," ungkapnya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga