Pemprov Verifikasi Berkas Bakal Calon Pj Wali Kota Kendari

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 11 September 2022
0 dilihat
Pemprov Verifikasi Berkas Bakal Calon Pj Wali Kota Kendari
Gubernur Ali Mazi, akan mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri. Foto: Dok. Telisik.

" Tak hanya DPRD, Pemrov Sulawesi Tenggara juga tengah menyeleksi pejabat pimpinan tinggi pratama untuk diusulkan menjadi Pj Wali Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak hanya DPRD, Pemrov Sulawesi Tenggara juga tengah menyeleksi pejabat pimpinan tinggi pratama untuk diusulkan menjadi Pj Wali Kota Kendari.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan, seleksi Pj wali kota sudah sampai tahap verifikasi.

Muliadi menerangkan, setelah tahap verifikasi selesai selanjutnya pejabat yang dinyatakan lolos berkas akan disampaikan kepada gubernur.

"Para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dinyatakan lolos berkas akan disampaikan ke pimpinan untuk dinilai siapa yang layak untuk diusulkan," ucap Muliadi, Minggu (11/9/2022).

Baca Juga: Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara Ungkap Dampak Stunting pada Anak

Gubernur Ali Mazi akan mengusulkan tiga nama calon Pj wali kota ke Kemendagri.

Pj Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio sebelumnya mengatakan, gubernur akan mengusulkan pejabat yang dinyatakan memenuhi syarat sesuai ketentuan Undang-Undang.

Siapa pejabat yang diusulkan, lanjut Asrun Lio, menjadi rahasia gubernur. Dengan begitu, sosok calon Pj yang Pemrov usulkan tidak akan dibeberkan ke publik demi menjaga keamanan, kenyamanan dan stabilitas calon.

DPRD Kota Kendari diketahui tengah menyeleksi orang-orang yang akan diusulkan menjadi Pj wali kota.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara: Cegah Stunting dengan Pola Hidup Sehat

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan, pengusulan Pj oleh DPRD melalui usulan 7 fraksi. Masing-masing fraksi mengusulkan tiga nama dan selanjutnya diserahkan ke pimpinan DPRD paling lambat Senin (12/9/2022) pukul 12.00 Wita.

Kemudian nama-nama yang diusulkan itu dirangking hingga didapati tiga nama dengan suara terbanyak.

Tiga nama itulah yang selanjutnya dibawa ke Kemendagri oleh Sekretariat DPRD Kota Kendari.

Diketahui selain DPRD dan Pemrov. Kemendagri juga akan mengusulkan tiga nama calon Pj wali kota. Sehingga ada 9 nama yang dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA). (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga