Penanganan Sampah di Muna Butuh Kesadaran Masyarakat

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
Penanganan Sampah di Muna Butuh Kesadaran Masyarakat
Wabup Muna, Bachrun Labuta bersama Kadis LH, Muhamad Yakob saat mensosialisasikan penanganan sampah. Foto: Sunaryo/Telisik

" Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemda Muna terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat "

MUNA, TELISIK.ID - Persoalan sampah menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah (Pemda) Muna.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemda Muna terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Kasi Pencanaan DLH Muna, Aji Akbar mengaku, saat ini pihak terus melakukan sosialisasi dan publikasi untuk penyelenggaraan lingkungan sehat dan mandiri dalam rangka mewujudkan kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Bila Ditahan, DPMD Muna Bakal Berhentikan Sementara Kades Lagasa

Kadis LH Muna, Muhamad Yakob mengaku, banyak tumpukan sampah disebabkan, kurangnya kesdaran masyarakat. Nah, untuk itu, dibutuhkan peran-peran serta lurah dan camat untuk terus mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan pada masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarang tempat.

"Kami tak hentinya memberikan sosialiasi dan menghimbau agar sampah dibuang pada tempatnya," kata Yakob, Senin (13/11/2023).

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta menerangkan, penanganan sampah bukan saja menjadi tanggungjawab DLH. Tetapi, menjadi tanggungjawab bersama.

Baca Juga: Tepis Kampanyekan Capres, Pj Bupati Muna Barat Siap Beri Keterangan ke Bawaslu

"Penanganan sampah, harus ada kesadaran masyarakat," katanya.

Ia menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah di bantaran sungai,  tempat umum dan membakar di lingkungan.

"Buanglah sampah pada tempatnya," imbaunya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga