Penataan Infrastruktur Jalan di Kota Kendari Dilakukan Secara Bertahap

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 27 Juni 2024
0 dilihat
Penataan Infrastruktur Jalan di Kota Kendari Dilakukan Secara Bertahap
Pembenahan infrastruktur jalan di Kota Kendari akan dilakukan sesuai dengan skala prioritas. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penataan infrastruktur jalan sebagai penunjang roda perekonomian masyarakat Kota Kendari, menjadi skala prioritas untuk dilakukan pembenahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Penataan infrastruktur jalan sebagai penunjang roda perekonomian masyarakat Kota Kendari, menjadi skala prioritas untuk dilakukan pembenahan.

Kepala PUPR Kota Kendari Erlis Sadya Kencana mengatakan, saat ini pihaknya terus berkolaborasi baik dari provinsi hingga ke Balai Jalan Nasional.

"Sehingga Balai dan Pemprov sudah mulai program-program pembangunan jalan di Kota Kendari sebagai wajah Ibu Kota Provinsi," ungkapnya.

Terbaru, lanjut Erlis, Pemerintah Kota Kendari menerima dana Inpres pembangunan jalan melalui Balai Jalan Nasional kurang lebih sebesar Rp 20 miliar, yang berada di Jalan Budi Utomo Baru.

"Pembangunan itu sudah selesai namun baru satu sisi, karena memang jalan itu panjang sekali," bebernya.

Kepala Dinas PUPR Kota Kendari membeberkan, bakal lakukan perbaikan ruas jalan Kota Kendari secara bertahap. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Untuk kelanjutan pembangunan jalan tersebut, pihak Pemkot akan bermohon kembali sehingga pengerjaan jalan tersebut bisa selesai untuk dua sisi.

Baca Juga: Rencana Menata Kota Kendari Lebih Modern, Pj Wali Kota Bakal Tata Pedestrian MTQ

Lebih lanjut Erlis menjelaskan, karena keterbatasan anggaran, untuk jalan di dalam Kota Kendari dilakukan pembenahan secara bertahap dengan skala prioritas yang ada.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan memperjuangkan di perubahan anggaran nanti untuk bisa membenahi sejumlah jalan rusak yang ada di Kota Kendari.

"Bukan hanya di Pasar Baru atau Anduonohu saja, tetapi ada juga jalan di lingkungan yang masih perlu diperbaiki namun karena keterbatasan anggaran, sehingga pembenahan dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari sebut tiga titik prioritas pembenahan jalan di Kota Kendari. Foto: Kolase

 

Erlis berharap perbaikan jalan yang dilakukan, bisa mendukung mobilitas masyarakat. Sehingga, konektivitas antar wilayah bisa tercipta dan terhubung dengan baik.

"Ruas jalan rusak yang masuk list prioritas perbaikan tahun ini, kami berupaya tahun ini bisa tuntas," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Kendari akan senantiasa membenahi seluruh infrastruktur perkotaan. Terutama soal jalan, karena menyangkut kepentingan orang banyak.

Pembenahan infrastruktur jalan di Kota Kendari akan dilakukan sesuai dengan skala prioritas. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

"Dengan anggaran yang terbatas, kita akan lihat sektor mana prioritas diselesaikan," pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari Aswido mengatakan, tahun ini terdapat tiga ruas jalan yang bakal dibenahi yakni ruas jalan di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, atau jalan yang mengarah ke SMAN 10 Kendari.

Baca Juga: Rencana Detail Tata Ruang Kota Kendari Bisa Diakses Secara Online

Kemudian, lanjut Aswido Jalan Baru, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, dan jalan di Kecamatan Puuwatu yang menghubungkan Desa Tabanggele, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe.

"Untuk total anggaran yang digunakan dalam memperbaiki tiga jalan tersebut sekitar Rp 11 miliar," tutur Aswido.

Lebih lanjut Aswido mengatakan, untuk ruas jalan di Kota Kendari yang belum tertangani tahun ini, akan dilakukan perbaikan secara bertahap yang mana untuk penganggaran pengerjaan jalan menyesuaikan porsi anggaran setiap tahunnya.

"Semua dilakukan bertahap, kita melihat anggaran yang ada dan Pak Pj Wali Kota juga sementara melakukan komunikasi dengan stakeholder lainnya, untuk bagaimana penanganan jalan yang belum terakomodir bisa mendapat dana segar," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga