Pencucian Kendaraan jadi Usaha Mahasiswa Ini Penuhi Kebutuhan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
Pencucian Kendaraan jadi Usaha Mahasiswa Ini Penuhi Kebutuhan
Seorang mahasiswa menjalankan usaha pencucian kendaraan untuk memenuhi kebutuhannya selama kuliah. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Mencuci kendaraan, baik motor ataupun mobil harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan kendaraan. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk membersihkan kendaraannya sendiri, hal itulah yang menjadikan bisnis pencucian kendaraan menjadi peluang bisnis menjanjikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mencuci kendaraan, baik motor ataupun mobil harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan kendaraan. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk membersihkan kendaraannya sendiri, hal itulah yang menjadikan bisnis pencucian kendaraan menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Bisnis pencucian menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, terutama di kota-kota besar dengan banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang setiap hari. Apalagi dengan sibuknya kehidupan perkotaan, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, sehingga mereka mencari jasa pencucian.

Peluang bisnis pencucian ini juga dimanfaatkan oleh seorang mahasiswa S2 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari jurusan teknik sipil bernama Sardin. Dirinya sudah memulai bisnis pencucian sejak tahun 2021 atau sekitar 2 tahun yang lalu.

Baca Juga: Es Coklat jadi Pilihan Usaha Kuliner di Kota Kendari

Berawal dari menjadi seorang pencuci motor di salah satu pencucian yang berada di area UHO, dirinya memutuskan untuk membuka usaha pencucian sendiri melalui bantuan dari salah seorang dosennya, yang meminjamkan lahan untuk tempatnya membuka usaha pencucian.

“Saya tidak ingin membebankan seluruh biaya kuliah dan biaya hidup saya kepada orang tua saya, karena saya sadar saya bukan berasal dari keluarga yang kaya raya, tapi Alhamdulillah cukup. Dengan adanya usaha ini saya tidak perlu lagi meminta uang kepada orang tua untuk kebutuhan saya selama kuliah,” ujar Sardin, Minggu (28/5/2023).

Dengan modal pas-pasan dan niat untuk memenuhi kebutuhannya selama kuliah, Sardin membuka pencucian di belakang UHO, tepatnya di Kecamatan Kambu. Saat ini dia sudah memiliki seorang karyawan yang membantunya mencuci kendaraan. Sardin hanya akan mencuci jika ada waktu kosong, tidak masuk kuliah atau tidak memiliki tugas kuliah.

Karyawannya, Lukhi yang berasal dari Labuan dan sedang menempuh pendidikan S1 di UHO. Lukhi juga biasa memanggi teman-temannya untuk membantunya di pencucian untuk mengisi waktu kosong, upahnya cukup untuk menambah kebutuhan makan sehari-hari.

Baca Juga: Mirip Ospek, Mahasiswa Junior Arak Senior yang Wisuda di UHO

Sardin cukup senang usahanya dapat berjalan lancar, selain dapat memenuhi kebutuhannya, dia juga bisa memperkerjakan mahasiswa yang juga sama dengan dirinya, butuh biaya hidup selama kuliah. Untuk mencuci kendaraan cukup dengan membayar Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 35.000-Rp 50.000 untuk kendaraan roda empat.

Salah satu pelanggan bernama Abdul Musyafir mengatakan, mencuci kendaraan di pencucian karena tidak ada waktu untuk mencuci sendiri, setiap pagi sampai sore harus kerja, jadi tenaganya sudah banyak terkuras untuk mengurus kerjaan. Di pencucian ini, dia sudah berlangganan sejak dulu dan sudah cukup akrab dengan para pencucinya, sehingga merasa aman untuk menitipkan kendaraannya untuk dibersihkan.

“Kalau dibawa di tempat pencucian, saya rasa kendaraanku jadi lebih bersih dan tidak capek-capek lagi mencuci sendiri. Saya mencuci kendaraan kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam seminggu, karena jalanan menuju kantor saya juga berdebu dan banyak jalan berlubangnya,” ujar Musyafir. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga